Navigation

Meski Diguyur Hujan, Tak Surutkan Masyarakat Cilacap Selatan Nonton Bareng Film 30 S/PKI


Cilacap, IMC - Hujan sejak sore ternyata tidak surutkan warga Cilacap selatan untuk nonton bareng film pemberontakan G 30 S/PKI yang digelar oleh Koramil 01/Cilacap di Pendopo Kecamatan Cilacap Selatan, Jl. Pramuka No. 7,  Kelurahan Sidakaya, Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Senin (25/09) malam.


Sejak diputar pukul 20.00 Wib film berdurasi tiga jam lebih itu, warga yang didominasi pemuda terus tampak berdatangan memadati Pendopo Kecamatan Cilacap Selatan.

Pemutaran Film G 30 S/PKI ini terselenggara berkat kerja sama Koramil 01/Cilacap dengan pemerintah Kecamatan Cilacap Selatan dan Perpusda Cilacap.


Tampak hadir bersama warga, Danramil 01/Cilacap, Kapten Kav. Nur Sohib Ansori, Kapolsek Cilacap Tengah AKP Aceng, SH, Camat Cilacap Selatan Drs. Agung Widodo, Msi, Kepala UPTD Cilacap, dan dihadiri kurang lebih 500 orang penonton yang terdiri dari, perwakilan guru dan Siswa siswi SMK, SMA se Kecamatan Cilacap Selatan dan tengah,tokoh masyarakat, tokoh agama dan Ormas Pemuda Pancasila serta masyarakat setempat.

Mengawali sambutannya, Danramil 01/Cilacap, Kapten Kav. Nur Sohib Ansori menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung atas terlaksananya nonton bareng  film G 30 S/PKI ini, sehingga bisa berjalan dengan baik, terutama pemerintah Kecamatan Cilacap Selatan dan Perpusda, yang telah memberikan fasilitas dan tempat. 
"Pemutaran Film G 30 S/PKI ini adalah untuk memberikan pengetahuan serta pemahaman sejarah kelam kepada masyarakat dan generasi muda yang belum mengetahui tentang kekejaman PKI terhadap para Pahlawan dan Bangsa kita. Dan kita harus tetap mewaspadainya jangan sampai terulang kembali sejarah kelam bagi Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai," kata Danramil.
"Selain itu, Pemutaran Film dokumenter G 30 S/PKI, yang telah lama tidak pernah ditayangkan kembali." Sekarang atas perintah Panglima TNI film ini diputar lagi secara serentak diseluruh wilayah," tegas Kapten Kav. Nur Sohib.


Dirinya juga berharap kepada seluruh masyarakat Cilacap, mari kita jalin persatuan dan kesatuan berbangsa serta saling menjaga jangan sampai terpengaruh akan ideologi Komunis yang akan merusakkan persatuan dan kesatuan bangsa. Terutama bagi para pemuda, anak-anak sekolah.

Ini sangat penting, sebab memberikan wawasan kebangsaan tentang tragedi yang terjadi di Indonesia,"Ini sudah menjadi bagian dari sejarah bangsa Indonesia.
Selain itu, ditegaskan juga dengan nobar ini generasi muda dapat menjaga ideologi negara dan semangat nasionalisme jangan sampai terpengaruh idiologi lain selain Pancasila." Tegas Kapten Kav. Nur Sohib.

Jendro (50) salah satu tokoh masyarakat Sidakaya, Cilacap Selatan yang ikut nonton bareng saat itu  mengatakan, ia sangat menyambut baik pemutaran Film G 30 S/PKI ini, harapannya agar anak-anak muda sekarang bisa melihat langsung bagaimana kekejaman pemberontakan  PKI terhadap Bangsa Indonesia di tahun 1965 itu, dan dengan bentuk kegiatan nontin bareng seperti ini setidaknya anak-anak muda sekarang bisa mengambil pelajaran yang lebih baik, apalagi anak muda masa kini tidak merasakan bagaimana kekejaman PKI.


Penulis : Srd. Sty
Editor : Syf
Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: