Recent

Indonesia Media Center (IMC)

Kasdim Cilacap: Generasi Muda Banyak Yang Belum Menonton Film G 30 S/PKI






Cilacap, IMC - Kepala Staf Kodim 0703/Cilacap, Mayor Inf. Ahmad Rofiq Alfian meminta seluruh generasi muda mengetahui pengkhianatan Partai Komunis Indonesia (PKI).


"Kami ingin generasi muda mengetahui pengkhianatan PKI sehingga mengajak mereka menonton film yang diputar di alun-alun Pemda Cilacap," ujarnya saat dikonfirmasi Andriyan reporter Yes Radio FM, Selasa (26/09).

Saat diwawancari Reporter Radio, Ia mengatakan, pihaknya sesuai perintah Panglima TNI melaksanakan pemutaran film pengkhianatan PKI yang dikenal dengan Gerakan 30 September 1965 (G 30 S PKI). Dijelaskan, pemutaran film nantinya disaksikan bersama-sama atau nonton bareng pada tanggal 30 September 2017. Sedangkan Satuan Koramil jajaran Kodim 0703/Cilacap sudah dilaksanakan di sejumlah wilayah di Kabupaten Cilacap sejak 20 September 2017 lalu.

"Pemutaran film sekaligus nonton bareng dilaksanakan di berbagai tempat seperti di Pendopo Kecamatan, pondok pesantren, sekolah-sekolah hingga lingkungan masyarakat di kelurahan maupun kecamatan," ujarnya.

Ia mengatakan, nonton bareng film sejarah gugurnya pahlawan revolusi itu, puncaknya dilakukan Sabtu (30/9) malam dan terbuka untuk umum atau gratis. "Kami mengundang masyarakat baik di Kota Cilacap maupun di luar Cilacap dari segala usia dan kalangan untuk nonton bareng pada hari Sabtu 30/09/2017 malam agar kita bisa mengetahui sejarah.

Disebutkan, lokasi pemutaran film G 30 S/PKI rencananya di alun - alun pemerintah Kabupaten Cilacap. Menurut orang nomor dua di Kodim Cilacap, Kepala Staf Kodim (Kasdim) itu, nonton bareng pemutaran film pengkhianatan G 30 S PKI bertujuan agar masyarakat mengetahui sejarah.

"Kami ingin masyarakat mengetahui sejarah pengkhianatan G 30 S PKI terutama generasi muda yang belum pernah menyaksikan filmnya sehingga mereka mengetahui sejarah," ujarnya.

Di sisi lain, kata dia, generasi muda yang tidak mengetahui jelas peristiwa gugurnya pahlawan revolusi itu harus menontonnya sehingga benar-benar mengetahui sejarah. "Generasi muda banyak yang belum menonton filmnya dan pelajaran sejarah soal PKI di sekolah terkesan dikaburkan sehingga kami ingin siswa mengetahui sejarah melalui film itu," paparnya. 

Penulis : Sty/Pendim.Clp
Editor : Syf
Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: