Navigation

Tujuh Sandera Berhasil Dibebaskan Oleh Saka Wira Kartika 01/Cilacap





Cilacap, IMC - Meriahkan Hari Pramuka Ke - 56 Kwarcab 1101 Cilacap, Saka Wira Kartika binaan Koramil 01/Cilacap, Kodim 0703/Cilacap tunjukan kebolehannya dalam membebaskan tujuh anggota pramuka yang disandera oleh sekelompok orang tidak dikenal, acara berlangsung di alun-alun Pemerintah Daerah Cilacap, jalan Jenderal Soedirman Cilacap, Selasa (22/08).


Anggota Saka Wira Kartika Koramil 01/Cilacap dalam membebaskan sandera yang disutradari oleh Sholaika Anjani dalam perkemahan di hutan, pada saat itu anggota Saka Wira Kartika mengalami kesulitan dan tersesat di dalam hutan.

Ternyata hutan itu daerah yang dikuasai oleh sekelompok orang yang tidak dikenal. Saat itu sejumlah Pramuka yang sedang berkemah sedang melakukan Survival, dan tidak lama kemudian  terjebak dan disandera sejumlah orang tidak dikenal di dalam hutan.



Pada saat itu, kedua anggota Pramuka dari tujuh orang yang lolos melarikan diri untuk nencari bantuan dan melaporkan kejadian tersebut kepada tim SAR yang ada didekat wilayah itu,
Berdasar atas laporan  yang diterima dari anggota Saka Wira Kartika, tim SAR 
melanjutkan laporan melalui radio kepada Danramil 01 / Cilacap. Dengan kejadian tersebut atas perintah pimpinan, Danramil dengan cepat memberikan perintah tugas operasi kepada anggotanya untuk mencari dan membebaskas anggota Saka Wira Kartika yang disandera.

Dalam aksi Drama pembebasan sandera itu sempat terjadi baku tembak antara TNI dengan sekelompok orang tidak dikenal, namun pasukan TNI dari Koramil 01/Cilacap itu dengan mudah untuk melumpuhkan para penjahat.Pasukan TNI Koramil 01/Cilacap yang diperankan anggota Saka Wira Kartika langsung menerobos ke dalam hutan mencari lokasi korban penyandraan yang disekap kawanan penjahat sekelompok Orang Tidak Dikenal (OTK). 
Hanya sekitar 50 menit waktu yang dibutuhkan untuk membebaskan dan menyelamatkan sandera.


Danramil 01/Cilacap, Kapten Kav. Nursohib Ansori saat berada ditempat yang sama mengatakan, Sekenario drama pembebasan sandera yang diperankan anggota Saka Wira Kartika ini dilaksanakan satu hari di dalam hutan,"ujarnya.

"Drama ini dilakukan sebagai upaya menumpas penjahat guna menjaga stabilitas keamanan di Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujarnya.

"Kami menerima tugas seperti ini untuk memberikan pengetahuan Wawasan Kebangsaan kepada Pramuka Saka Wira Kartika binaan Koramil 01/Cilacap yang harus menguasai 5 Krida yakni,  Navigasi Darat, Pioneering, Krida Survival,  Mountainering dan Krida Penanggulangan Bencana,"
sebutnya.

Ia menyebutkan, sebanyak 40 anggota Saka Wira Kartika Koramil 01 Cilacap
dilibatkan dalam drama pembebasan sandera itu.

"Peristiwa penyanderaan tersebut merupakan bagian dari demonstrasi yang diperagakan oleh anggota Pramuka Saka Wira Kartika Koramil 01/Cilacap," terang Kapten Kav. Nursohib Ansori.
(Srd. Sty/Syf)
Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: