Navigation

Ritual "Sedekah Bumi" Masyarakat Desa Gunungtelu Dengan Kegiatan Tahlil dan Doa





Cilacap, IMC - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Gunungtelu, Koramil 15/Karangpucung, Kodim 0703/Cilacap, Pelda Ngudi Mulyo hadiri Tradisi Sedekah Bumi untuk keselamatan dan kelancaran warga setempat.

Kata pepatah, "Dimana Bumi dipijak, disitu langit dijunjung ", dan pepatah tersebut tentunya sangat erat hubungannya dengan tradisi suatu daerah, dan biasanya tradisi itupun berbeda dengan tradisi dari daerah lain.

Seperti yang dilakukan oleh masyarakat Desa Gunungtelu, Kecamatan Karangpucung, Minggu (13/08/2017).
Mereka memiliki tradisi untuk meminta keselamatan, rejeki dan Kesehatan seluruh warga serta agar diberikan kelancaran, kesuksesan dalam setiap pekerjaan yang dilakukannya oleh Tuhan Yang Maha Esa, dengan melakukan suatu ritual yang dinamakan "Sedekah Bumi". 


Pelda Ngudi Mulyo sebagai Babinsa Desa Gunungtelu mendapat kehormatan dari warga setempat untuk bersama-sama masyarakat menghadiri ritual sedekah Bumi tersebut yang dikemas dalam bentuk Tahlil dan Do’a bersama seperti layaknya tradisi Tahlil yang digelar warga Muslim di tempat lain.

Kepala Desa Gunungtelu, Sugi Heriyanto, SE mengatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan meminta Ridho Tuhan Yang Maha Esa bagi seluruh warga Desa Gunungtelu. Ini tradisi masyarakat dan warisan leluhur yang perlu dilestarikan." Kata Kades.
"Semoga masyarakat Desa Gunungtelu tetap guyub, rukun dan damai," imbuhnya.

Ia berharap, agar masyarakat Desa Gunungtelu senantiasa menjaga kerukunan dan kekompakan antar sesama serta meningkatkan semangat gotong royong."terangnya. 
Kegiatan tersebut rutin dilaksanakan setiap satu tahun sekali yakni, pada bulan rajab dalam perhitungan tahun Islam/Hijriyah dan sudah menjadi tradisi turun temurun.(Sty - Pendim0703Clp)
Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: