Navigation

Kwarcab Cilcap Peringati Hari Pramuka Ke-56




Cilacap, IMC - Danramil 01/Cilacap, Kodim 0703/Cilacap, Kapten Kav. Nursohib Ansori ikuti Upacara Hari Pramuka, Ulang Janji Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab), Kwartir Cabang (Kwarcab), Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) Pramuka Kwarcab Cilacap di alun-alun Kabupaten Cilacap, Selasa (22/08).

Upacara ulang janji dipimpin PLT Sekda Cilacap, Drs. Farid Ma' ruf, MM selaku Mabicab sebagai pembina upacara Hari Pramuka Ke - 56, dan dihadiri oleh segenap pengurus Mabicab, Kwarcab, Kamabigus Pramuka jajaran Kwarcab Kabupaten Cilacap dan para pimpinan OPD Pemerintah Daerah Cilacap

PLT Sekda Cilacap, Drs. Farid Ma' ruf, MM selaku Mabicab
mengatakan, "bahwa Gerakan Pramuka harus terus dipupuk sebagai wadah bagi pembentukan nasionalis dan patriotisme, karena di dalam semua kegiatan Pramuka, akan meneguhkan kembali cinta kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Semua ini berdasarkan fundamental UUD 45 dan ideologi negara yaitu Pancasila.

"Maka tidak berlebihan, yang saya amati hanya Pramuka yang setiap tahun melakukan ulang janji. Ini adalah satu hal yang harus dipahami. Alangkah indahnya, alangkah kokohnya Republik ini apabila setiap tahun kita juga meneguhkan kembali arti dari sebuah perjuangan, yaitu Proklamasi," tegasnya.


Lebih lanjut dikatakan, saat ini Pramuka sudah mendapatkan tempatnya, Pramuka sudah di dasarkan pada satu regulasi perundang-undangan dan diharapkan juga ada penganggarannya.

"Oleh karena itu saya mengajak, kita semua senantiasa memberikan satu pembinaan dan didikan kepada adik - adik di semua lapisan, khususnya di tingkat SLTA, SLTP dan SD.  Dengan kerja keras kita bahwa kepramukaan menjadikan organisasi yang independen dan tentunya ini adalah salah satu keinginan kita semua,“ katanya.  

Diketahui, Gerakan Pramuka punya dasar falsafah yang tinggi untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, yakni Dasa Dharma dan Tri Satya. Dua pedoman ini memiliki dasar nilai yang kokoh untuk kemajuan Gerakan Pramuka dan bangsa Indonesia. Karena itu, Ulang Janji penting dilaksanakan agar spirit Dasa Dharma dan Tri Satya selalu terpatri dalam jiwa Pramuka.
(Srd. Sty/Sfy)
Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: