Navigation

Kepala Dinas Peternakan Kab. Brebes Tinjau Fak. Pertanian UMUS Brebes




Brebes, IMC -  Kepala Dinas Peternakan Kabuptan Brebes Drs.Yulia Hendrawati, MM., dalam kunjungan kerja ke Fakultas Pertanian UMUS, disambut oleh Rektor UMUS Dr. H Qomar, Dekan Fak. Pertanian Ir.mohamad Amin, M.Sc., dan KaProdi Teknologi Pangan Muhammad Hasdar, S.Pt., M.Sc., serta KaPtodi Agribisnis Bangun Satrio  di kantor rektorat UMUS Brebes, Rabu (3/8/17) siang.

Dalam pertemuan tersebut beberapa poin penting yaitu masalah pengelolaan pangan,  pembahasan pertanian dan peternakan untuk membawa kabupaten Brebes lebih ber-swasembada.




Rektor Universitas Muhadi Setia Budi Dr. Qomar menyampaikan Beberapa pandangan tentang diperlukannya penanganan yang Holistik dalam Memecahkan masalah yg terjadi saat ini di masyarakat, dengan meningkatkan keterampilan peternakan sampai tahap pasca panen agar menjadi lapangan kerja baru bagi peternak sehingga bidang Peternakan dan Pertanian bisa menjadi Idola bagi para pemuda sehingga kita bisa mengurangi pengangguran dan Urbanisasi ke kota yang begitu besar setiap tahunnya.

"Dengan adanya pergerakan penanganan secara Holistik saya yakin bisa menjadikan pemuda dan masyarakat Brebes bisa menjadi pengusaha baru dibidang pengolahan pangan lokal yang dapat membangun juga mengembangka kabupaten Brebes ini," kata H. Qomar yang merupakan Idola masyarakat Brebes dan terkenal dengan kearifannya.

Sementara itu, KaDinas Peternakan Kabupaten Brebes Drs.Yulia Hendrawati, MM., menyanggah penyampaian rektor bahwasanya sekarang ini kabupaten Brebes sudah memiliki rumah pintar ternak.

"Kami sudah memiliki Rumah Pintar Ternak di Kecamatan Ketanggungan dan Kecamatan Bantarkawung, tinggal kita memaksimalkan pola oprasionalnya, insya Allah juga akan diadakan festival Telor Asin yang diharapkan bisa menjadi "ikon" budaya baru mendukung supaya terpenuhinya ketercukupan sumber protein hewani bagi masyarakat," tandas Yulia.

Di sisi yang sama, Dekan Fak. Pertanian menjelaskan bahwa UMUS khususnya fakultas Pertanian telah memiliki program studi Teknologi Pangan yang siap mengkaji dan dan mempatenkan Telor Asin Brebes.

"Di Fakultas Pertanian kami memiliki Prodi Teknologi Pangan yang siap melakukan pengkajian lebih mendalam pada persoalan Hak Paten Telor asin dan diverifikasi produk Bebek Afkir,juga soal Sapi Jabres dan pembangunan peternakan,kami akan mendukung Swasembada Daging yang sudah jadi Program Nasional,akan kami terjunkan para mahasiswa dan Dosen untuk melakukan penelitian sebagai bentuk pengabdian kami pada masyarakat," ujar Ir. Mohamad Amin, M.Sc., selaku Dekan Fakultas Pertanian.

Pertemuan kunjungan kerja Ka Dinas  Peternakan Kabupaten Brebes menghasilkan kesepakatan dan pemahaman tentang peningkatan pendampingan peternak ayam kampung dan itik mengelola pola manajemen tata laksana yang tradisional menjadi semi moderen.

Akan melakukan pendampingan akademis pada peternak lokal sapi jabres yang memiliki presentase karkas tinggi agar bisa tingkatkan swasembada Daging Nasional.

Melakukan kajian mendalam terkait pemasaran telor asin dari dampak pembangunan jalan Tol serta dukungan Program Studi Teknologi Pangan untuk lakukan pengkajian dan penelitian sehingga memperoleh hak paten dan sampai dengan verifikasi produk akhir dari bebek afkir melalui pendampingan pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan pangan yang berbahan baku bebek afkir. (red)

Laporan Firdaus Andika
Editor : Putri
Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: