Demi Mewujudkan Genarasi Penerus yang Sehat, Cerdas dan Pintar, Babinsa Aktif Sosialisasikan Imunisasi Measles Rubella




Cilacap, IMC - Babinsa Sidakaya, Koramil 01/Cilacap, Kodim 0703/Cilacap, Serka Ali Nurhadi berperan aktif dalam membantu pelaksanaan kampanye imunisasi Measles Rubella bertempat di SD Kampus Bandengan Kelurahan Sidakaya, Kecamatan Cilacap Selatan, Kamis (03/08). 

Kegiatan yang dihadiri Kepala Puskesmas Cilacap Selatan 1, Babinsa , Byabinkamtibmas, petugas imunisasi dari Puskesmas, Kordinator Agus Hastuti, A.md Keb. dkk 3, serta siswa siswi SD Kampus Bandengan  berlangsung cukup antusias.

Dikatakan Agus Hastuti, A.md, Keb. selaku Koordinator imunisasi Measles Rubella, bahwa Kampanye imunisasi Measles Rubella (MR) adalah suatu kegiatan imunisasi secara massal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan usia 15 tahun.

"Ini dilakukan tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya karena Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk dan bahkan bisa menyebabkan kematian balita apabila tidak ditangani secara serius," ungkapnya.

Masih kata Agus Hastuti, Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan tersebut dikenal sebagai Sindroma Rubella Kongenital yang meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian dan keterlambatan perkembangan.

"Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, namun penyakit ini dapat dicegah melalui Imunisasi dengan vaksin MR, metode ini adalah pencegahan terbaik untuk penyakit campak dan rubella. Satu vaksin untuk mencegah dua penyakit sekaligus, untuk itu dalam kegiatan ini nantinya diharapkan dapat dipahami sehingga dapat mewujudkan program balita sehat," tegasnya.

"Bulan Agustus ini rencananya Imunisasi MR diberikan untuk Anak Usia Sekolah 7 tahun hingga 15 tahun atau anak sekolah SD/MI/ Sederajat, SMP/MTS/sederajat, Kalau ada yang sudah berusia 15 tahun bersekolah di SMU atau sederajat harus juga diberikan imunisasi MR, selanjutnya akan terus berjenjang," tukasnya. 

Sementara saat itu, Babinsa Kelurahan Sidakaya Serka Ali Nurhadi juga menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan program pemerintah terutama dibidang Kesehatan anak anak, dengan maksud dan tujuan melindungi dari kecacatan dan bahkan menyebabkan kematian yang diakibatkan oleh penyakit campak.

"Dengan adanya program kampanye imunisasi Measles Rubella (MR) ini diharapkan dimasa mendatang tidak ada lagi anak balita diwilayah Cilacap khususnya di Kelurahan Sidakaya yang menderita penyakit campak sehingga dapat mewujudkan anak sehat, cerdas dan pintar sebagai harapan generasi penerus bangsa," ujar Babinsa Sidakaya, Serka Ali Nurhadi. (Pendim0703Clp)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال