Recent

Indonesia Media Center (IMC)

Dandim Tegal Hadiri Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-72 Di Kabupaten Tegal



Tegal, IMC - Upacara Pengibaran Bendera Kebesaran dan Detik-detik Proklamasi ke-72 HUT RI di Kabupaten Tegal Tahun 2017, dengan Tema "Indonesia Kerja Bersama" sebagai Inspektur Upacara  Bupati Tegal Enthus Susmono Komandan Upacara  Danramil 07/Adiwerna Kapten Inf Suswantoro, Perwira Upacara Pasi Ops Dim 0712/Tegal Kapten Kav Anjdar Haribowo, SH., bertempat di lapangan Pemerintahan Kabupaten Tegal, Kamis (17/8).

Acara diawali dengan persembahan drama kolosal "Dimas Cilik"  dari SMK N Adiwerna yang menceritakan sejarah lurah Randugunting raden mas cilik dalam melawan penjajah Belanda.



Dalam amanatnya Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo,SH,M.IP yang dibacakan oleh Inspektur upacara bupati Tegal Enthus Susmono mengatakan.  

Riang pekik MERDEKA begitu membahana di seluruh antero nusantara bahkan dunia. Hari ini rasa nasionalisme dan kebanggaan kita sebagai bangsa Indonesia makin mengemuka dan bergelora di dalam dada. Kita akan selalu ingat kepada mereka yang telah berjuang untuk bangsa ini hingga merdeka. Kita akan selalu terkenang akan semangat juang para pahlawan kusuma bangsa. Dekat sekali. Sedekat jantung kita.  

Pahlawan adalah mereka yang telah mewa-kafkan diri untuk Indonesia Merdeka. Pahlawan adalah mereka yang telah tulus ikhlas berkorban jiwa raga demi Indonesia yang bersatu dan berdaulat. Tugas kita, menjaga api semangat juang ke-pahlawanan ini agar terus menyala. 

Sejak revolusi hingga pasca reformasi, sejak Sukarno sampai Joko Widodo, tidak boleh kita biarkan api ini redup apalagi padam, meski kena angin topan dan badai yang menghantam. Karena ini ke-kuatan dan jatidiri sejati kita sebagai sebuah bangsa pejuang. Bangsa yang tidak pernah gentar dan pantang surut ke belakang menghadapi persoalan dan tantangan.

Terlampau banyak agenda seremoni, tapi InsyaAllah, agenda ini kita dedikasikan untuk membangun semangat bangsa Indonesia. Saya ingin momentum hari ini menjadi penumbuh semangat warga, kemudian menjadi kehendak kuat yang akhirnya dibuktikan oleh kerja nyata. 

Sebab, yang paling penting, bagaimana mengisi kemerdekaan. Saat ini NKRI yang kita cintai senantiasa tak pernah lekang oleh ancaman dan tantangan. Dalam kemajemukan bangsa kita masih seringkali menjadi pemantik munculnya perpecahan. 

Dalam kain kebangsaan kita juga kerapkali terkoyak oleh karena ego dan kepentingan sepihak. Pun korupsi dan gratifikasi masih menjadi praktik yang seringkali terjadi. Serta masih banyak persoalan kita lainnya.



Kita semua adalah Indonesia yang berpancasila dan Indonesia adalah bangsa besar, yang akan terus besar dengan persatuan dan saling berangkulan diantara putra-putrinya. Indonesia adalah bangsa hebat yang terus menghebatkan diri dengan karya dan prestasi bersama. 

MERDEKA KITA adalah bergerak serentak dan bekerja bersama memenuhi panggilan sejarah dan tugas suci untuk Ibu Pertiwi. Bergotong royong dan ambil peran partisipatif dan kon-tributif menyelesaikan setiap persoalan bangsa ini. Rumangsa melu handarbeni, rumangsa wajib hangrungkebi, mulat sarira hangrasa wani. Dan pada akhirnya bangga sebagai orang Indonesia yang cinta tanah air dan bersatu dalam persau-daraan untuk kejayaan bangsa. Ayo, singsingkan lengan bajumu. Kepalkan tanganmu ke angkasa raya Indonesia untuk sebuah kerja dan karya nyata, dan saling bergandengan untuk maju, Niscaya dunia akan tahu siapa Indonesia yang sebenarnya ketika kita kerja bersama. 

Dunia akan  ternganga, betapa hebatnya Indonesia yang melangkah secara bersama, sayuk rukun saiyeg saeka praya Dalam kebersamaan pastilah ada kekuatan yang memudahkan. 

Dalam kebersamaan, selalu yakin ada penyelesaian pada setiap persoalan. Sendiri dalam kerja kita hari ini tidak cukup berarti dibanding bersama dalam karya. Apapun dan seberapapun karya kita akan sangat berarti bagi Ibu Pertiwi. Paling tidak kita sudah berbuat untuk kebaikan, dan jangan hanya diam saja.

Saya berharap, mulai hari ini kita mampu berefleksi, mendorong terobosan agar bangsa kita terbang lebih tinggi, bergerak lebih cepat, melangkah semakin kuat, tidak ketinggalan dari kemajuan bangsa lain dipentas global. Hari ini, saya mengajak masyarakat Jateng untuk saling mengaca, peran apa yang telah diberikan kepada bangsa dan negara.

Peserta upacara terdiri dari, 1 SST Brigif 4/DR, 1 SST Yonif 407/PK, 1 SSK Yonif 407/PK, 2 SST Kodim 0712/Tegal, 1 SST Zipur -4/TK, 2 SST Lanal Tegal, 1 SST Sat Radar 214/Tegal, 1 SSK Polres Tegal, 1 SSK PNS Pemkab Tegal, 1 SSK Korpri Kab Tegal, 1 SSK PGRI Kab Tegal,1 SST FKPPI dan GM Kab Tegal, 1 SST Pemuda Pancasila Kab Tegal, 1 SST Linmas Kab Tegal, 1 SST STIKES NHAMADA Slawi, 1 SST STAIBN Slawi, 1 SST SMAN 1 Slawi,1 SST SMA N 2 Slawi,1 SST SMA N 3 Slawi, 1 SST SMK N 1 Slawi, 1 SST SMK N 2 Slawi, 2 SST SMK ADB Adiwerna,1 SST SMK Baruna Dukuhwaru, 2 SST SMK Binus Slawi, 1 SST SMK NU Slawi, 1SST Pramuka Kab Tegal, Paduan suara SMA N 1 Slawi dan 1 Unit Drumband dari Satpol PP Kab Tegal.

Upacara dihadiri oleh Forkopimda Kab Tegal, Para SKPD Kab Tegal, Wakil Bupati Tegal Dra.Hj.Umi Azizah, Sekda Kab Tegal Dr.Widodo Joko Mulyono,M.Kes, Para Asisten Sekda Kab Tegal, Danyonif 407/PK Letkol Inf Abi Kusnianto , Pjs Palaksa lanal Tegal kapten P Subandi, Dan Satradar 214/Tegal  Mayor lek Nanang NS , Wakil ketua I DPRD kab Tegal Bo Rustoyo J,  Anggota DPRD kab Tegal, Dandenma brigif 4 /DR kapten inf Subekhi dan Tamu Undangan. ( Teguh Andi Sasono )
Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: