Navigation

TNI Jajaran Kodim 0703/Cilacap Mantapkan Siswa Baru di Wilayahnya




Cilacap, IMC - Personel TNI di jajaran Kodim 0703/Cilacap dikerahkan untuk membina karakter dan kedisplinan kepada siswa dan siswi yang masuk tahun ajaran baru, mulai dari tingkat SD, SLTP dan SLTA di wilayahnya.

Seperti yang dilakukan oleh Koramil 01/Cilacap, Serka Ali Nurhadi memberikan materi PPBN kepada siswa baru SMP N 8  Cilacap Jalan Jenderal Sudirman Cilacap, Rabu (20/07).
Kegiatan tersebut sebagai rangkaian masa orientasi peserta didik baru SMPN 8 Cilacap. 

Mengawali kegiatannya pihaknya memutar film perjuangan kemerdekaan Bung karno, dan menyanyikan Lagu Indonesia Raya.
Lebih lanjut, di jelaskan pengertian tentang Bela Negara yakni, tekad, sikap dan tindakan warga negara yang teratur, menyeluruh terpadu dan berlanjut dengan  dilandasi cinta tanah air,  sadar berbangsa  dan bernegara yakin Pancasila sebagai Ideologi Negara, dan rela berkorban guna tiadakan hakekat ancaman yang dapat membahayakan wilayah NKRI yang berlandaskan pancasila dan UUD 45," terang Serka Ali.

"Tujuan dan sasaran ini
agar siswa yang baru tumbuh dan berkembang sikap tingkah laku sebagai pejuang dan kesatria NKRI,
dan sadar berbangsa, bernegara Indonesia serta mengutamakan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi  atau Golongan.


Tumbuh meyakini secara mendasar akan kebenaran Pancasila sebagai falsafah Idiologi dan Dasar Negara 
Tumbuh berkembang ciri sifat rela berkorban segala yang dimiliki seperti waktu ,pikiran, tenaga, harta benda, kalau perlu Jiwa raga untuk kepentingan Negara.

"Diharapkan sebagai tunas Bangsa harus sadar akan perananya, pahami nilai perjuangan, ulet dan pantang menyerah. Disiplin yakini akan kebenaran Pancasila sebagai Idieologi Negara dan
menghayati ajaran Agama masing-masing yang dianutnya, serta membangun kerukunan kerjasama positif di sekolah dan sopan santun menghargai orang tua dan sesama." Papar Serka Ali Nurhadi saat memberikan materi PPBN.

Selanjutnya, dengan kegiatan yang sama dimasing-masing Koramil jajaran Kodim 0703/Cilacap, para Babinsa juga disebar ke sekolah - sekolah untuk membina kedisplinan siswa baru melalui Peraturan Baris berbaris (PBB) serta diberikan materi tentang wawasan kebangsaan.
(Pendim0703Clp)
Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: