Tahun Ajaran Baru, Babinsa Berikan Materi Bela Negara Peserta MOS




Cilacap, IMC - Babinsa Koramil 15/Karangpucung, Serda Moch. Ismail berikan materi Bela Negara kepada 300 siswa-siswi baru SMK Daruassalam Karangpucung. Hal tersebut  dalam rangka Masa Orientasi Siswa (MOS) Senin, (17/7).

Pada kesempatannya, Serda Moch. Ismail di SMK Darussalam Karangpucung Serda Moch. Ismai memberikan materi Pendidikan Pendahuluan  Bela Negara (PPBN) kepada siswa – siswi baru agar para siswa-siswi memahami dan mengerti
tentang Bela Negara. Sehingga mereka akan timbul semangat untuk Mencintai Tanah Air, Bangsa dan Negara Indonesia. 

Selain itu Serda Moch. Ismail juga memberikan materi tentang Pancasila, yaitu bagaimana asal usul dan sejarah Pancasila, mengapa menjadi dasar negara, mengapa tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahirnya dan mengapa tanggal 1 Oktober di peringati sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Tujuan diberikan pelajaran /pembekalan tersebut adalah agar anak murid sekolah tersebut mengerti dan memahami sekaligus bisa mengamalkan dan mengimpletasikan dalam kehidupan sehari hari, dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara kesatuan Republik Indonesia.

Dengan harapan para anak anak murid bisa untuk mengingat kembali walau materi tersebut sudah diberikan oleh guru tentang sejarah Pancasila. Karena Pancasila merupakan dasar negara dan tanggal 1 Oktober merupakan Hari Kesaktian Pancasila.

"Dikhawatirkan dengan ada pengaruh lingkungan dan pengaruh globalisasi perkembangan jaman anak-anak murid sekolah lupa akan hal tersebut,” papar Seda Mohc. Ismail.
Para siswa - siswi juga dilatih kedisiplinan.
Tugas dan tanggung jawab aparat Satkowil dalam pembinaan kewilayahan kegiatan ini merupakan tugas pokok Koramil dalam Pembinaan Teritorial.

Danramil 15/Karangpucung Kapten CTP Rudi Dwianto mengatakan, "Dalam menunjang pendidikan tahun ajaran baru melalui kegiatan MOS ini ingin membentuk karakter yang positif pada setiap siswa dan siswi baru di wilayah Kecamatan Karangpucung, dan untuk meningkatkan kesadaran Bela Negara, membentuk patriot bangsa yang setia dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta senantiasa untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia." Pungkas Danramil. (Pendim0703Clp)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال