Navigation

Sebanyak 2017 Penenun Tradisional Sambut Jokowi di Sumba




NTT, IMC - Ribuan penenun tradisional asal Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT), memadati halaman rumah Bupati Sumba Barat pada Rabu (12/7) pagi dalam rangka menyambut kedatangan Presiden Indonesia Joko Widodo. 

Presiden Jokowi bersama istri, Iriana, menyempatkan diri untuk datang ke Sumba dalam rangka penyelenggaraan Festival 1001 Kuda Sandelwood dan Festival Tenun Ikat Sumba 2017 yang digelar sepanjang Juli 2017.

Christina, salah seorang penenun tradisional dari Desa Mangganipi, mengatakan kalau ia datang bersama kelompok tenunnya sejak pukul 04.30 pagi agar dapat melihat pemimpin negaranya dari barisan paling depan. 

"Ini pertama kalinya Presiden Indonesia datang ke Sumba. Jadi kesempatan yang tepat juga bagi kami untuk melihat sosoknya,” kata Christina, seperti yang dilansir dari Antara.


Lebih lanjut Christina mengatakan, Sumba memiliki banyak keistimewaan, mulai dari Kuda Sandelwood sampai kain tenun.

Khusus kain tenun, bersama kelompoknya ia mengerjakan corak Labaleko. Mereka juga turut hadir dalam Festival Tenun Ikat Sumba 2017.

Margareta, penenun lain yang hadir, mengatakan kalau kain tenun tradisional bisa disebut karya seni karena seluruh bahan dasarnya dari alam. 

“Benangnya berasal dari kapas, pewarnanya dari ekstrak tumbuhan. Semuanya alami, berbeda dengan kain tenun buatan pabrik,” ujar Margareta.

“Meski demikian, kualitasnya tidak kalah bagus dengan yang buatan pabrik,” lanjutnya.

Jika Festival 1001 Kuda Sandelwood akan dihadiri oleh 1001 ekor kuda bersama pemiliknya, maka Festival Tenun Ikat Sumba 2017 akan dihadiri oleh 2.017 penenun tradisional, seperti yang dijelaskan oleh Ketua Dekranasda Sumba Barat Daya Ratu Wula.

“Seluruh penenun datang dari Sumba Timur, Sumba Barat, dan Sumba Barat Daya. Tak hanya jual beli, mereka juga akan mengenalkan proses menenun kepada pengunjung yang datang,” kata Ratu.

Festival 1001 Kuda Sandelwood dan Festival Tenun Ikat Sumba 2017 yang digelar di Lapangan Galatama, Sumba Barat Daya.


Setelah menghadiri dua acara tersebut, Presiden dan Ibu Negara akan melanjutkan perjalanan ke Makassar, Sulawesi Selatan.

Di Makassar, mereka akan menghadiri Puncak Peringatan Hari Koperasi ke-70 yang diselenggarakan di Lapangan Karebosi.

Esok harinya, mereka kembali melanjutkan perjalanan menuju Balikpapan, Kalimantan Timur.

Turut menyertai Presiden dan Ibu Iriana dalam penerbangan tersebut antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Plt. Kepala Sekretariat Presiden Winata Supriatna, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono, Staf Khusus Presiden Sukardi Rinakit, dan Plt Deputi Bidang Protokol, Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Ari Setiawan.
(Emanuel Bataona)
Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: