Recent

Indonesia Media Center (IMC)

Pencak Silat Warisan Leluhur Budaya Indonesia



Cilacap, IMC - Bati Tuud Koramil 08/Adipala, Kodim 0703/Cilacap Pelda Wahidin hadiri
halal bihalal Persatuan Penggemar Pencak Silat Indonesia ( P3SI) "RAJAKAWASA" di Pendopo Desa Adireja kulon, Kecamatan Adipala, (23/07).

Pelda Wahidin, Pencak Silat "Rajakawasa" adalah nama perguruan beladiri dimana gerakanya di laksanakan dengan lebih menggunakan gerakan-gerakan pernapasan." Katanya. Sesepuh, selaku guru besar Pencak Silat Rajawakasa saudara Wiyoto dari Klirong, Kabupaten Kebumen dan Wagiono Kusumo dari Cilacap. Pada acara tersebut juga di laksanakan demonstrasi gerakan gerakan yang biasa di latihkan oleh anggota P3SI Rajakawasa.

Lebih lanjut, kata Pelda Wahidin, Pen­cak silat meru­pakan warisan budaya bangsa Indone­sia yang sudah tum­buh dan berkem­bang ke manca negara. Walau sejarah tidak bisa menun­jukkan secara pasti kapan lahirnya pen­cak silat, namun pen­cak silat sudah lahir di bumi per­tiwi sejak per­ad­a­ban manu­sia. Sejak jaman pra sejarah sudah lahir ilmu beladiri yang seder­hana guna mem­per­ta­hankan hidup dari serangan musuh.

"Biasanya setiap daerah di Indone­sia mem­pun­yai ali­ran pen­cak silat yang khas. Di Indone­sia banyak sekali aliran-aliran dalam pen­cak silat, den­gan banyaknya ali­ran ini menun­jukkan kekayaan budaya masyarakat yang ada di Indone­sia den­gan nilai-nilai yang ada didalam­nya,"tandas Bati Tuud Koramil 08/Adipala, Pelda Wahidin.


Acara tersebut diakhiri dengan tausiah oleh Kyai Moh Saebani, kita semua umat muslim telah melaksanakan puasa di bulan suci Ramadan, menjalankan ramadan adalah untuk melatih kesabaran serta menghadapi sesuatu termasuk sedang melakukan jihad untuk melawan hawa nafsu, jika kita berhasil menghadapi masalah itu semua, maka kita akan termasuk  atau tergolong orang yang bertaqwa.

Juga dalam persatuan pencak silat Rajakawasa ini, perguruan melatih dengan gerakan-gerakan konsentrasi dan kesabaran. Kiranya dalam hahal bihalal ini menjadi tonggak bagi kebangkitan insan pesilat di Kecamatan Adipals untuk meningkatkan kebersamaan dan eksistensi kelompok sehingga dapat menjadi terbaik. (Pendim0703Clp)
Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: