Recent

Indonesia Media Center (IMC)

Galih Sarankan, dengan SID Masyarakat Pedesaan Tidak akan Ketinggalan Informasi

Malang, IMC--- Galih Damar Pandulu, ST, MT selaku Wakil Dekan Fakultas Teknik Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang, kepada media ini Jumat (28/7/2017) kemarin menyarankan, sebaiknya dengan kemajuan ilmu pengetahun dan teknologi yang semakin canggih ini, desa-desa di seluruh Indonesia dapat meningkatkan penyebaran informasi melalui sistem informasi desa (SID). Karena dengan SID, masyarakat di pedesaan tidak ketinggalan informasi.


“Artinya, dengan sistem informasi desa, setiap masyarakat pedesaan termasuk aparat desa dapat memperoleh informasi dengan secapat mungkin. Saya anjurkan agar Presiden Jokowi melalui Kementerian Informasi, untuk menerapkan sistem informasi ini bagi masyarakat desa di seluruh Indonesia,” kata Galih, sembari memberikan saran.

Diakuinya, dengan sistem informasi desa (SID) maka sumber daya alam (SDA) yang ada di suatu desa akan dimanfaatkan pengelolaannya secara baik. Karena para investor akan dengan sendirinya ke desa-desa untuk membeli SDA tersebut.

“Selain bisa menjual SDA (hasil alam), masyarakat pun semakin dengan mudah untuk menjual hasil panennya ke pihak luar yakni investor. Dan investor selalu memantau perkembangan hasil alam di desa itu dengan melalui SID. Kecapatan informasi melalui SID akan sangat membantu sekali,” tambahnya lagi.


“Dengan bantuan SID, masyarakat akan semakian dimudahkan dalam mengurus SIM, KTP, SKCK dan lain sebagainya. Karena di desa, sudah disediakan sarana internet. Dengan sarana sarana yang sudah ada itu, masyarakat desa bersama aparat desa bisa membuat website. Website itulah yang akan selalu dipakai buat menyebarkan informasi. Termasuk dengan SID, bencana apapun bentuknya, sudah bisa diketahui masyarakat luas,” katanya seraya menambahkan, dengan SID, maka pelayanan lintas sektoral yang dijalankan oleh pemerintah pusat, provinsi, kota/kabupaten hingga desa akan sangat membantu masyarakat dalam hal informasi. “Itu, tingkat pelayanannya akan semakin efektif dan efisien. Masyarakat dan aparat desa (pemerintah) sama-sama diuntungkan oleh SID,” pesannya berharap. (Felix)
Share
Banner

felixianus ali

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: