Navigation

Danramil 09/Tarub Kapten Czi Surahman Beri Materi Wawasan Kebangsaan Kepada Siswa SMA Hasri Tegal



Tegal, IMC - Danramil 09/Tarub Kapten Czi Surahman beserta anggota didampingi oleh Kepala Sekolah SMA HASRI  Karangjati Tarub bapak Drs. H. Munawar  pada hari jum'at 20 Juli di SMA ASYARI telah melaksanakan  materi Wawasan Kebangsaan kepada siswa dan siswi baru jumlah 350 orang bertempat di Aula SMA ASYARI dengan judul "SAYA INDONESIA SAYA PANCASILA NKRI HARGA MATI"

Pentingnya pemantapan wawasan kebangsaan bagi segenap warga Negara yaitu untuk menumbuhkan kesadaran menghargai keragaman (pluralisme) sbg karunia tuhan di nusantara, membangun sikap moral, etika & sopan santun, dlm kehidupan berbangsa & bernegara, membangun semangat kebangsaan, menumbuhkan rasa hormat thdp simbol negara & pahlawan.


Pancasila adalah landasan dari segala keputusan bangsa dan menjadi ideologi tetap bangsa serta mencerminkan kepribadian bangsa. 
Pancasila merupakan ideologi bagi negara Indonesia. Dalam hal ini Pancasila dipergunakan sebagai dasar mengatur pemerintahan negara. Pancasila merupakan kesepakatan bersama bangsa Indonesia yang mementingkan semua komponen dari Sabang sampai Merauke.

Etimologi kata “Pancasila” berasal dari bahasa Sansekerta dari India (bahasa kasta Brahmana) yaitu panca yang berarti “lima” dan sila yang berarti “dasar”. Jadi secara harfiah, “Pancasila” dapat diartikan sebagai “lima dasar”.

Maksud dan tujuannya adalah sebagai generasi muda adalah generasi penerus perjuangan bangsa, oleh karena itu sangat perlu apabila dalam diri pribadi mereka ditanamkan nilai-nilai budaya bangsa yang telah diyakini kebenarannya, diterima, diikuti, dibela dan diperjuangkan selama ini. Nilai yang dimaksud adalah yang terkandung dalam sila-sila Pancasila, yang meliputi nilai Ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan. Tanpa ada proses sosialisasi nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda, maka nilai-nilai luhur Pancasila tidak akan dikenalnya, bahkan akan diabaikannya. Bila hal ini dibiarkan, maka akibatnya dalam diri generasi muda terjadi kegelisahan, kegalauan dan kegoyahan karena tidak mantapya kepribadian mereka.
Hal yang demikian ini sangat membahayakan keberadaan bangsa Indonesia, karena tidak menutup kemungkinan akan terjadi konflik yang berkepanjangan yang akhirnya akan memecah persatuan dan kesatuan bangsa. Melalui pendidikan Pancasila diharapkan nilai-nilai luhur Pancasila tersebut dapat tersosialisasi bahkan terinternalisasi dalam diri pribadi generasi muda, khususnya kepada siswa, dan dalam diri mereka akan tumbuh sikap demokratis serta analitis kritis dalam menghadapi segala permasalahan kehidupan dan dalam mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila.

Dan hasilnya sangat antusias siswa baru SMA ASYARI untuk mendengarkan ceramah Wawasan Kebangsaan yang disampaikan oleh Danramil Tarub, Disamping itu juga diadakan pemutaran film produksi Akmil untuk merangsang minat para siswa dan siswi mendaftarkan diri menjadi seorang TNI. ( Teguh Andi Sasono )
Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: