Navigation

Cegah Kanker Serviks. Anggota Persit Ikuti Pemeriksaan Papsmear




Cilacap, IMC - Persit Kartika Chandra Kirana Kodim 0703/Cilacap, Koorcab Rem 071/WK dan jajarannya melaksanakan pemeriksaan kesehatan Papsmear kanker serviks bertempat di Rumkitbant 04.08.01 Cilacap, Jumat (21/07).

Kegiatan yang bertemakan " Bulan Deteksi Dini Kanker Serviks " ini, dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT BPJS kesehatan ke-49. Kegiatan yang menggandeng Tim Kesehatan dari laboratorium Patra Medika Cilacap ini, tanpa di pungut biaya apapun. Kegiatan pemeriksaan Papsmear ini untuk mendeteksi dini serta mengetahui adanya kanker Serviks pada stadium awal sehingga dapat dilakukan pencegahan dini secara preventif.

Ketua Persit KCK Cabang XVIII Dim 0703/Cilacap Ny. Risma Lubis melalui Wakil Ketua Ny. Rofiq Alfian mengatakan, bahwa kegiatan Papsmear ini merupakan kegiatan yang sangat baik dan diharapkan seluruh ibu Persit yang memenuhi syarat untuk dapat mengikutinya.

"Mengingat kanker Serviks cukup mengerikan dan bisa mengakibatkan kematian. Ucapan terimakasih disampaikan kepada pihak BPJS Kesehatan Cilacap dan Rumkitban Cilacap yang menyelenggarakan kegiatan ini. Harapannya kerjasama ini dapat dilakukan dalam kegiatan-kegiatan lainnya," ucapnya.


Selain itu, pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan sosialisasi dan penyuluhan kesehatan oleh Dr. Slamet Supriyadi dari RS Wijayakusuma (DKT) Purwokerto, menurutnya, "Papsmear merupakan metode skreening untuk mendeteksi secara dini akan adanya kanker Serviks. 

Pada tahap awal biasa kanker Serviks tidak menunjukan gejala spesifik sehingga sulit untuk diketahui dan baru bergejala bila sudah stadium 3 atau 4 dan biasanya pada stadium ini kanker sudah sulit diobati, sehingga sangat baik bila Papsmear ini sebaiknya rutin dilakukan setiap tahunnya terutama pada yang beresiko seperti ibu yang menikah usia dini, merokok, paritas tinggi, pengguna KB Hormonal ataupun status gizi yang jelek. 

"Papsmear adalah IVA hasil pemeriksaan lebih cepat dan singkat karena langsung bisa dilihat pada perubahan warna serviknya. Berbeda dengan Pap smear yang membutuhkan waktu 7-10 hari untuk melihat hasilnya," terang Dr. Slamet Supriyadi. 


Kegiatan ini dilaksanakan antusias oleh anggota Persit KCK Cabang XVIII dan Disjan jajaran Kodim 0703/Cilacap. Kegiatan ini merupakan upaya preventif yang rutin di lakukan dalam rangka mengentaskan angka kejadian kanker Serviks yang cukup tinggi.  

Semoga dengan adanya kegiatan ini, nantinya dapat meningkatkan kesadaran ibu-ibu Persit tentang pentingnya upaya pencegahan kanker Serviks sejak dini dan meningkatkan pola hidup bersih, serta sehat, baik di rumah maupun di lingkungan tempatnya bekerja.
(Pendim0703/Clp)
Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: