Navigation

Aceh, Provinsi Pertama Penyelenggara Workshop Enumerator Risnakes 2017


Aceh, IMC - Aceh adalah provinsi pertama dari 34 provinsi di Indonesia yang menyelenggarakan workshop enumerator untuk persiapan kegiatan Riset Ketenagaan di bidang kesehatan 2017 (Risnakes).
Hal ini disampaikan oleh Dr. Drs. Nana Mulyana, M.Kes, selaku Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya danPelayanan Kesehatan Kemeskes RI ini dalam acara pembukaanworkshop enumerator di Hotel Grand Permata Hati Jl. Sultan Iskandar Muda No.217, Blang Oi, Meuraxa, Kota Banda Aceh(25/7/2017).


Workshop ini berlangsung selama 6 (enam) hari, mulai tanggal 24-29 Juli 2017.
"Riset Ketenagaan di bidang kesehatan tahun 2017 ini merupakan riset yang pertama kali diadakan dinegara kita, oleh karenanya adik-adik enumerator perlu mengingat ada hal yang paling penting daririset ini yaitu validitas internal dan eksternal agar diperoleh hasil yang berkualitas", ujar pria yang supel dan merakyat ini.
"Oleh karenanya  yang perlu dijadikan pemikiran adalah bagaimana adik-adik betul-betul terlatih sehingga dapat mengumpulkan data dengan baik," tambah Nana.
"Kepada peserta saya tekankan agar kegiatan workshop benar-benar diikuti, harus full ya adik-adik, tidak boleh bolong-bolong kehadirannya karena kita mengutamakan kompetensi enumerator," tegasnya.
DR Nana menambahkan: "Kita akan melakukan penelitian terhadap 340 unit puskesmas dan 63 unit rumah sakit pemerintah/swasta di seluruh Aceh. Sehingga ini bukan pekerjaan ringan adik-adik ya, anda harus turun ke semua puskesmas dan rumah sakit. Untuk RS tidak ada daerah yang sulit dijangkau dan untuk puskesmas di Aceh juga tidak ada daerah yang terlalu sulit dijangkau, kami sudah mengidentifikasi puskesmas yang sulit tersebut".
"Tolong selama pelatihan ini agar enumerator bertanya jika ada hal-hal yang tidak diketahui, karena kalau sudah dilapangan bisa jadisinyal handphone tidak bagus sehingga terkendala dalammenghubungi PJT (penanggung jawab teknis) kabupaten/kota," ujar DR Nana mengingatkan peserta.
"Kami juga telah menunjuk PJT Provinsi Aceh yaitu kami tunjuk 2orang yaitu MukhlisuFaatih, M. Biotech dan dr. Eka FitriaDjamaluddin. Apabila nanti ada kendala, PJT kab/kota dapat menghubungi PJT provinsi," katanya.
Mengakhiri pidatonya, DR Nana Mulyana menyampaikan: "Harapan saya agar enumerator dapat bekerja dengan baik sehinggaanda dapat kami libatkan pada kegiatan riset lain di litbangkes. (TIF)

Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: