Recent

Indonesia Media Center (IMC)

Surat Terbuka Relawan Kesehatan Indonesia untuk Bupati dan Jajaran Direksi RSUD Brebes

SURAT TERBUKA
Kepada Yth. 
Idza Priyanti, SE.
BUPATI BREBES.
Assalamu alaikum wr.wb.
Selamat Malam, salam sejahtera untuk kita semua. Semoga Allah SWT, Tuhan yang Maha Kuasa senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada seluruh masyarakat Brebes beserta keluarga dan para pimpinanya.
Sebelumnya kami  minta maaf yang sebesar2nya kepada Bupati Brebes dan Jajaran Direksi RSUD Brebes. Barang kali apa yang kami sampaikan kurang berkenan dihati para bapak dan ibu pimpinan kami dan para pengambil kebijakan dan mempunyai wewenang yang tentu bertujuan untuk sebesar2nya Kesejahteraan dan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Brebes.
Menindaklanjuti banyaknya masyarakat yang kurang nyaman terhadap pelayanan RSUD Brebes, baik yang dilayangkan langsung maupun tidak langsung kami atas nama Relawan Kesehatan Indonesia (REKAN INDONESIA) Biro Wilayah Jawa Tengah dan Cabang Brebes telah melakukan beberapa Kajian dan Pengamatan serta Pengawasan Dalam Kapasitasnya sebagai Masyarakat dalam rangka peran aktif dan Keswadayaan Masyarakat sesuai Undang2.
Selama 4 tahun terakhir RSUD Brebes dibawah Kepemimpinan bapak Oo Suprana memang telah mengalami kemajuan pesat dibidang pembangunan. Mega proyek Tahap I dengan menelan APBD Brebes sebesar 60 M disusul Pembangunan Tahap II yang saat ini sedang Berjalan melalui Rencana Anggaran dari APBD Sebesar 44 M.
Namun demikian tetap saja belum terlihat adanya perubahan peningkatan Pelayanan kepada Pasien tidak mampu dan Keluarga Pasien. 
Tentu hal ini sudah kami sampaikan langsung kepada Direktur dan Wakil Direktur bidang Pelayanan bahkan Sudah beberapa kali kami sampaikan langsung ke Bupati Brebes dan Komisi IV DPRD Brebes selaku Komisi yang membidangi.
Tapi tetap saja komplain dari masyarakat tidak berhenti dengan berbagai alasan dan dasar2 yang pada intinya kurang mendapatkan pelayanan dari RSUD Brebes sebagaimana Mestinya. 
Bahkan tadi siangpun melalui audiensi secara langsung kami sampaikan ke Bupati. Tapi tetap saja hanya jawaban Normatif yang kami terima.
RSUD Brebes melalui Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Brebes telah diberi kewenangan khusus dalam mengelola keuangan untuk mengadakan belanja barang dan jasa sesuai kebutuhan semata2 karena demi percepatan dan kemudahan layanan kepada Masyarakat Brebes. Tetapi fasilitas status Rumah Sakit dengan BLUD belum mampu meningkatkan pelayanan walaupun Anggaran puluhan Milyar sudah berhasil di serap dari masyarakat Brebes.
Hal ini membuat kami harus melayangkan surat terbuka kepada Bupati Brebes agar masyarakat sebagai penerima manfaat mengetahui. Dalam Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Brebes. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Brebes telah mengangkat 5 Dewan Pengawas sesuai dengan aturan dan undang2 yang berlaku dan mendapatkan Gaji atas kerjanya sebagai Pengawas BLUD RSUD RSUD Brebes.
Tapi kenyataanya 5 Orang yang diangkat menjadi Dewan Pengawas dengan SK pengangkatan oleh Bupati Brebes sampai dengan saat ini belum mampu kerja secara maksimal. Dari 5 orang Dewan Pengawas hanya beberapa orang yang sesekali absen itupun dengan rata2 seminggu sekali. Apa lagi rata2 dewan pengawas merupakan Pejabat publik dan merupakan rangkap jabatan yang tentu tidak cukup banyak waktu.
Padahal Tugas seorang Dewan Pengawas adalah membela Kepentingan Masyarakat dan Meningkatkan Mutu Kwalitas RSUD Brebes secara umum.
Oleh karenanya dari beberapa pengamatan dan kajian melalui diskusi menyimpulkan kalau Dewan Pengawas BLUD RSUD Brebes MANDUL dan tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya, padahal digaji negara.
Melalui Surat Terbuka ini kami mohon dengan kerendahan hati kepada Bupati Brebes selaku Pejabat yang mengangkat Dewan Pengawas BLUD RSUD Brebes. Demi Perbaikan Pelayanan RSUD Brebes mohon Kepada Bupati Brebes untuk MENGGANTI jajaran Dewan Pengawas BLUD RSUD Brebes dengan orang2 yang lebih Berkompeten dan Memiliki kapasitas dibidangnya.
Demikian surat terbuka kami sampaikan untuk dapat dijadikan pertimbangan dalam mengambil kebijakan sebagai upaya perbaikan pelayanan RSUD Brebes. Mohon maaf atas segala kelancangan dan kekurangnyamanan ini, harap maklum kepada para pihak yang terkait.
Akhir kata Semoga segala upaya menuju perbaikan untuk masyarakat Brebes akan menjadi nilai ibadah. Amin. 
Wassalamu alaikum wr.wb.
RELAWAN KESEHATAN INDONESIA
Biro Jateng
    ttd
ANOM PANULUH.

Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: