Recent

Indonesia Media Center (IMC)

Pejabat Eselon IV di Dirdik Pidsus Kejagung Launching Buku Administratif PPATK

Jakarta, IMC - Kepala Sub Bagian tata Usaha Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung Hendri Antoro, S.Ag., SH., MH., telah melaunching buku berjudul “Model Administratif PPATK” beberapa waktu silam di Jakarta.
Buku Model Administratif PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan) ini tidaklah mempertanyakan peran PPATK, karena jika melihat kinerja PPATK maka kita sepakat bahwa lembaga tersebut telah menorehkan sejarah dan kinerja yang luar biasa. Dua figure pimpinan yang telah ada dengan segala pengalaman dan terobosannya mampu mewarnai upaya pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang di negeri ini. Hal yang mengusik justru ada pada kombinasi antara kedudukan dan wewenang lembaga PPATK saat ini yang tidaklah ideal. Meski independen secara kelembagaan, namun secara wewenang PPATK belum independen karena hanya difungsikan sebagai pusat pelaporan yang hasil analisisnya sepenuhnya diserahkan kepada lembaga penyidik.
Penulis berharap, buku yang berisi tentang teori pembagian / pemisahan kekuasaan negara hukum dan kewenangan dala system ketatanegaraan RI, Financial Intelligence unit secara umum dan PPATK di Indonesia dan Model PPATK berdasakan kedudukan dan kewenangannya itu dapat menggugah wacana bagaimana meracik kombinasi model PPATK kedepan,agar Financial Inteligence Unit yang Ideal,tentunya ideal dengan konteks ketatanegaraan dan penegakan hukum di Indonesia.
Buku yang diangkat dari tesis penulis itu mengenai Kedudukan dan wewenang PPATK dalam perspektif UU-RI Nomor 8 tahun 2010 tentang pencegahan dan pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.
“Buku sederhanan ini semoga dapat bermanfaat bagi kalangan akademis, praktisi, masyarakat secara umum dan terlebih bagi pemegang kebijakan di negeri ini,” kata Hendri saat ditemui di ruangan kerjanya beberapa waktu silam.
Bahkan buku Model Administratif PPATK ini mendapat apresiasi dari Kepala  PPATK Muhammad Yusuf (saat itu).
“Saya sangat mengapresiasi kajian dan tulisan buku ini, saya yakin tulisan ini akan membuka wawasan para pembaca akan peran penting PPATK dalam mengungkap Tindak Pidana Asal dan Tindak Pidana Pencucian uang untuk menjadikan Indonesia lebih baik,” kata M.Yusuf dalam sambutan tertulisnya ( Muzer )

Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: