Recent

Indonesia Media Center (IMC)

Dubes Maroko Bertukar Cenderamata dengan Ketum PPWI

Jakarta, IMC - Jakarta – Duta Besar Berkuasa Penuh Kerajaan Maroko untuk Indonesia, H.E. Mr. Oubadia Benadbellah berkenan memberikan cenderamata kepada ketua Umum PPWI Wilson Lalengke, beberapa waktu lalu di kediaman resmi Dubes Maroko, Jl. Mataram No. 7, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Cenderamata tersebut adalah bentuk penghargaan sang Duta Besar kepada alumni PPRA-48 Lemhannas RI tahun 2012 itu atas jasa-jasanya membantu Kedubes Maroko dalam mengembangkan hubungan persaudaraan antara masyarakat Indonesia dengan Maroko.

Ketua Umum PPWI yang juga adalah Ketua Persisma (Persaudaraan Indonesia-
Sahara-Maroko) ini sangat gembira mendapatkan “tanda mata” berupa miniatur lampion unik khas Maroko. "Thank you so much Your Excellency for the gift, this is lovely,” ujar Wilson.

Pada kesempatan itu, Wilson Lalengke berkesempatan melakukan wawancara eksklusif kepada Dubes Benadbellah tentang berbagai hal terkait pandangan dan rencana Kedubes Maroko dalam memperkuat hubungan bilateral antar kedua negara, khususnya hubungan antar masyarakat Indonesia dan Maroko. Seusai wawancara, Wilson yang saat itu ditemani salah satu anggota PPWI, Popi Rahim, dan Konsuler Kedubes Maroko H.E. Mr. Mostafa Nahkloui, memberikan cenderamata kepada Dubes Maroko berupa Songkok (Kopiah) khas Indonesia, lengkap dengan Lambang Burung Garuda melekat pada songkok tersebut.

Terlihat sang Dubes sangat senang dengan pemberian cenderamata secara tak terduga dari Wilson, yang langsung membuka dan mengenakannya saat itu juga. _“This is great, thank you very much Mr. Wilson,”_ kata Dubes Benadbellah. _“You are look like Mr. Soekarno,_ haha,” celutuk Popi Rahim mengomentari Dubes saat berfoto untuk mengabadikan moment beliau mengenakan kopiah. Candaan yang disambut tawa renyah Dubes beserta staf Kedubes yang hadir.

Peristiwa penting bagi PPWI dan Kedubes Maroko tersebut terjadi tanpa perencanaan sebelumnya. Namun, sang Ketum PPWI sudah menyiapkan songkok sambil berharap ada kesempatan baik untuk menyampaikannya kepada sang Dubes. Kebetulan sekali, saat menghadiri undangan berbuka puasa bersama di Kediaman Dubes Maroko beberapa waktu lalu, usai makan malam disediakan waktu sekitar satu jam untuk berbincang bersama para tamu dengan sang Dubes yang mantan anggota parlemen di negaranya ini. Pada moment langka itulah, Ketua Umum PPWI menyampaikan cenderamata Songkok dan dibalas dengan pemberian cendramata lampion mini Maroko oleh Dubes Maroko.

Cenderamata Maroko berbahan kuningan dan kaca solid dari Dubes Benadbellah ini merupakan pemberian kenang-kenangan yang kedua dari Kedubes Maroko. Pertengahan Februari 2017 silam, Wilson Lalengke diundang ke Kantor Kedubes Maroko di Jl. Denpasar Raya, Jakarta Selatan oleh Dubes yang baru saja usai diterima Presiden Jokowi di Istana Negara saat itu. Pada kunjungan ke kantor Kedubes ini, Wilson Lalengke menerima cenderamata berupa Plakat Persisma yang menggambarkan persaudaraan masyarakat antar kedua negara. Persaudaraan itu digambarkan oleh bendera kedua negara (Merah-Putih dan _Seal of Solomon_) yang bersilang-bergandengan dengan erat, tergambar di plakat.

Hal yang sungguh penting juga, khususnya bagi lelaki asal Morowali Utara ini, pada waktu itu Dubes Benadbellah, yang didampingi Konsuler Maroko Mr. Mostafa Nahkloui, dengan senang hati menyampaikan bahwa Maroko adalah negara kedua bagi Ketua Umum PPWI yang sempat mengunjungi Maroko di tahun 2015 lalu itu.  “I am so happy to welcome you, Morocco is your Second Country Mr. Wilson, people of the Kingdom of Morocco would be very happy to have you,” ujar Mr. Oubadia Benadbellah sesaat setelah berbincang hangat di kantornya sebelum memberikan plakat Persisma.

Menurut rencana, beberapa kegiatan bersama Kedubes Maroko dengan PPWI, Persisma, dan berbagai elemen masyarakat lainnya akan segera digelar usai Idul Fitri 1348 H / 2017 M ini, antara lain penerbitan novel Antara Jakarta dan Rabat karya Nova Indra, Embassy Go2 Campus, festival budaya, pertukaran pemuda, mahasiswa, dan jurnalis, dan lain-lain. (AL)
Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: