Navigation

Dandim 0703/Cilacap : Festival Tabuh Bedug Sangat Tepat Sambut Hari Raya Idul Fitri 1438 H

Cilacap, IMC -  Komandan Kodim 0703/Cilacap Letkol Inf. Ferdial Lubis, MPICT, bersama unsur Forkopimda Kabupaten Cilacap, SKPD serta pimpinan BUMN/BUMD se Kabupaten Cilacap, merayakan malam takbiran dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 H dengan menggelar festival Tabuh beduk yang diikuti oleh perwakilan dari beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Cilacap bertempat di Alun alun Kabupaten Cilacap, Sabtu (24/06) malam.

Hal ini sesuai keinginan Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji yang menginginkan malam takbiran tahun ini diisi dengan kegiatan festival tabuh bedug dan gema takbir dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 H agar suasana penyambutan hari raya Idul Fitri tahun ini berjalan dengan meriah dan dapat dinikmati oleh seluruh warga masyarakat Kabupaten Cilacap.  Selain itu, kegiatan ini sebagai siar islam dan meningkatkan ukuwah islamiah  sesama umat muslim. Sasarannya yakni para pecinta seni tabuh bedug yang ada di Kabupaten Cilacap.

Dalam sambutannya Bupati Cilacap menjelaskan, bahwa kegiatan festifal ini tidak hanya tahun ini saja. Kegiatan ini rutin dilaksanakan tiap tahunnya oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap pada malam takbiran sebagai perayaan hari kemenangan umat muslim setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan.
Selanjutnya kegiatan festival ini dibuka langsung oleh Bupati Cilacap dengan ditandai dengan gema takbir dan tabuh bedug oleh semua unsur Forkopimda Kabupaten Cilacap, SKPD dan BUMN/BUMD se Kabupaten Cilacap. Kegiatan ini semakin meriah tatkala ketujuh peserta festival bedug mulai menunjukan kebolehannya di atas panggung. 

Adapun sebelumnya kegiatan lomba pukul bedug telah dilakukan di tiap-tiap kecamatan dan yang menang akan kembali diadu di tingkat kabupaten Cilacap pada malam takbiran ini. Ada beberapa kriteria penilaian dewan juri  harus dilakukan oleh setiap peserta lomba tabuh bedug ini yaitu diantaranya ketepatan antara suara dan musik, kekompakan serta ketepatan waktu yang telah ditentukan. Para peserta festival bedug tersebut antara lain Gema Al - Muqaroh dari Cilacap Tengah, Miftahus Surur dari Cilacap Utara, Adz Dzikru dari Cilacap Selatan, Al Aqso dari Distrik Kroya, Group Hadroh Nurul Hikmah dari Karang Pucung, Assassunnada dari Kesugihan dan Group Sapu Jagad dari Gandrung Mangu.

Sementara itu, Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf. Ferdial Lubis yang pada tahun ini baru menyaksikan festival tabuh bedug yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Cilacap, sangat mengapresiasi dengan apa yang telah dilakukan oleh Pemda Kabupaten Cilacap. Menurutnya, kegiatan ini sangat tepat untuk menyambut perayaan Hari Raya Idul Fitri 1438 H, serta sebagai sarana para pecinta seni tabuh bedug untuk menyalurkan bakatnya. (Pendim0703Clp)

Share
Banner

Adin

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: