Navigation

Babinsa Kerahkan Masyarakat Buru "TIKUS"

Cilacap, IMC - Anggota Babinsa Koramil 14/Cimanggu bersama-sama dengan para Kelompok tani dan masyarakat Desa Cilempuyang, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap melaksanakan gropyokan hama tikus di lahan persawahan, dimana tikus merupakan hama dan musuh utama para petani menjelang masa tanam sampai dengan panen padi. Untuk itu dari awal akan tanam Babinsa mengerahkan para kelompok tani di daerah binaannya dibantu oleh PPL dan Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap  memberikan penyuluhan tentang percepatan tanam padi dan penanggulangan hama tikus didaerah Cimanggu, Rabu (31/05).
Menurut Pelda Budiyana Bati Tuud Koramil 14/Cimanggu  menyampaikan bahwa, kegiatan ini didahului dengan penyuluhan tentang percepatan tanam padi dan penyuluhan gropyokan hama tikus dari Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap sekaligus memberikan bantuan Tiren racun tikus untuk para petani dalam rangka membasmi hama tikus dilanjutkan dengan praktek gropyokan, dengan gropyokan ini dianggap ampuh dan murah serta dapat menumbuh suburkan semangat gotong royong warga desa dalam mengatasi hama tikus di sawah mereka secara bergantian dari satu sawah ke sawah yang lain. Dari kegiatan ini masing-masing secara bersemangat berhasil membasmi hama tikus sampai kelubang-lubangnya dan membakarnya.
Hal ini merupakan upaya dalam mendukung program pemerintah Republik Indonesia yang telah dicanangkan oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo dalam rangka swasembada pangan di seluruh Indonesia. Pendampingan para Babinsa sangat dibutuhkan untuk memberikan pengawalan dan penyuluhan bersama-sama dengan PPL agar para petani dapat meningkatkan hasil panen yang biasanya setahun hanya sekali panen menjadi setahun bisa dua sampai tiga kali panen. Semoga dengan diawali dengan pembasmian hama tikus ini dapat meningkatkan semangat para petani untuk segera menanam padi di lahannya sehingga diharapkan seluruh petani sudah menanam padi di sawah mereka masing-masing. Kesadaran petani harus dibangkitkan dengan tidak bosan-bosannya Babinsa memberikan motivasi kepada para petani untuk lebih semangat menanam padi. (Pendim0703Clp)
Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: