Navigation

Kerahkan Babinsa, Kodim 0703/Cilacap Bangun Jamban Warga Kurang Mampu

Cilacap, IMC - Personel Koramil 14/Cimanggu dipimpin Batituud Peltu Budiyana melakukan karya bakti membuat jambanisasi  bertempat di Dusun Karang Tengah lor Rt. 05 Rw. 01 desa Karangreja, Kecamatan Cimanggu, Sabtu (20/05).
Melihat kondisi sebagian masyarakat diwilayah Koramil 14/Cimanggu masih banyak yang memiliki perilaku kurang peduli terhadap kesehatan, khususnya dalam hal buang hajat (BAB) masih di areal Perkebunan, sungai, parit bahkan selokan sebagai tempat buang hajat.

Hal tersebut tentu akan mengganggu lingkungan sekitar, serta kurang baik terhadap kesehatan.
Perilaku buruk yang dilakukan sebagian masyarakat sudah dianggap lumrah dan bukan merupakan suatu yang tabu, hal ini dilakukan karena faktor ketidak pedulian dari diri sendiri dan tidak adanya sarana dalam mengatasi permasalahan buang hajat bagi masyarakat.
Guna mensukseskan program Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Koramil 14/Cimanggu  berkoordinasi dengan Kades dan perangkat desa Karangreja untuk membantu pembuatan jambanisasi bagi warganya yang kurang mampu. Seperti halnya yang telah dilakukan Koramil 14/Cimanggu telah membangun Jamban ibu Dinah (57) sudah mencapai hasil 50 persen, ini dikerjakan oleh anggota koramil bersama-sama masyarakat secara gotong royong.
Ungkapan terimakasih juga terlontar dari Ibu Dinah yang sudah menerima salah satu bantuan pembangunan jamban di rumahnya. Sebab, sejak menempati rumahnya, dia selalu menumpang BAB di area Perkebunan. Dia tak membangun jamban karena tak memiliki biaya. "Jadi sangat senang tak lama lagi mempunyai jamban yang dibuat para tentara," katanya. (Pendim0703Clp)
Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: