Navigation

Danramil 06/Kramat Kapten Kav. Mukholim Menghadiri Sosialisasi Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM)

Tegal, IMC - Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewaspadaan Dini Masyarakat di Daerah, dibentuk mulai dari tingkat propinsi, kabupaten/ kota, kecamatan, sampai di tingkat desa/kelurahan.
Tujuan pembentukan FKDM adalah untuk membantu instrumen negara dalam menyelenggarakan urusan keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, melalui upaya “deteksi dini” terhadap potensi dan kecenderungan ancaman serta gejala atau peristiwa bencana.
Dengan fungsi pendeteksian dan pengidentifikasian, maka FKDM perlu diberikan gambaran umum mengenai potensi atau kecenderungan ancaman, dalam perspektif intelijen, khususnya terkait dengan perkembangan situasi Nasional.
Pada hari Selasa tanggal 30 Mei 2017 Danramil  06/Kramat Kapten Kav. Mukholim menghadiri Sosialisasi Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat bertempat di Pendopo Kecamatan Kramat.
Maksud dan tujuannya adalah memberikan motivasi terhadap masyarakat agar dalam pelaksanaan sosialisasi FKDM bisa berjalan dengan lancar dan masyarakat bisa bekerja sama dengan pemerintah Kecamatan sebagai badan pengumpul informasi yang ada di desa nya masing-masing sebagai upaya cegah dini dan deteksi dini, temu cepat dan lapor cepat.
Hadir dalam acara tersebut Forkopimcam Kecamatan Kramat, Ketua FKDM Kec. Kramat bapak Thomas Sugito, Kepala Desa se-Kecamatan Kramat, tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat.
Kegiatan yang dilaksanakan dalam sosialisasi FKDM adalah pemberian surat keputusan Camat Kramat yang ditujukan kepada tiga kepala desa yang sering terjadi bencana banjir yaitu Desa Maribaya Desa Kemuning dan Desa Plumbungan. Apabila di desanya terjadi bencana alam banjir agar segera melaporkan kepada pak camat agar segera bisa diambil langkah langkah selanjutnya dalam penanggulangan bencana banjir.
Harapannya adalah dengan terbentuknya Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat agar masyarakat sebagai badan pengumpul informasi yang ada di wilayah mau bekerjasama dengan pemerintah Kecamatan Kramat agar situasi dan kondisi tetap dalam keadaan aman. (Teguh)
Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: