Dandim Tegal Terima Kunjungan Tim Wasrik Itdam IV/Diponegoro

Tegal, IMC – Kunjungan yang berada di Markas Komando Distrik Militer  (Makodim) 0712/Tegal, Tim Wasrik Itdam IV/Diponegoro tiba dan disambut langsung oleh Komandan Kodim  Letkol Kav Kristiyanto S.Sos., Kasdim 0712/Tegal beserta seluruh Perwira Staf Kodim 0712/Tegal, Senin (15/05).
Dandim 0712/Tegal  menjelaskan, bahwa kunjungan Tim Wasrik Itdam IV/Diponegoro dipimpin oleh Letkol Inf. Malik Efendi dan didampingi oleh Mayor Czi Suhardi, Mayor Cba Catur S, Mayor Cku Sungadiono. Kegiatan ini yang bertujuan dalam rangka pengawasan dan pemeriksaan pelaksanaan Program Kerja Kodim 0712/Tegal Tahun 2017.
Kehadiran Tim Wasrik Itdam IV/Diponegoro memiliki arti penting dan nilai manfaat yang besar dalam meningkatkan kinerja organisasi, karena keberadaan lembaga Wasrik pada hakekatnya merupakan kontrol dan alat kendali bagi penyelenggaraan mekanisme kerja organisasi. Kunjungan Tim Wasrik ke satuan bawah merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan sebagai realisasi pengawasan, pencegahan dan pengendalian penyimpangan yang mungkin dapat terjadi di kesatuan kubu TNI.
Dalam kegiatan pengawasan dan pemeriksaan tersebut ditekankan agar nantinya bisa memperbaiki serta mengevaluasi semua Program kerja dan Anggaran diantaranya rencana dan pelaporan kegiatan yang telah dilakukan masing -masing Staf sesuai Bujuknik dari Komando Atas serta pelaporan rincian anggaran yang bisa dipertanggung jawabkan, pengarsipan dan dokumentasi sesuai kegiatan yang telah dilaksanakan.
Ketua Tim Itdam IV/Diponegoro, Letkol Inf Malik Efendi dalam sambutannya megungkapkan, bahwa kegiatan Wasrik dititik beratkan pada Tahun 2016, dengan tujuan untuk mengindentifikasi sejauh mana kinerja pelaksanaan program kerja dan anggaran satuan tahun 2016 s/d tahun 2017.
Dalam hal ini demi kelancaran Wasrik diharapkan satuan yang akan menjadi obyek pemeriksaan agar menyiapkan produk berupa penyediaan data yang aktual berkaitan dengan pelaksanaan tugas dan pelaksanaan program kerja dan anggaran.
Pengawasan dan pemeriksaan tersebut sekaligus harus dipahami sebagai bagian dari upaya untuk menghindari terjadinya kesalahan, penyimpangan dan kebocoran demi efisiensi dan efektifitas dalam pelaksanaan tugas, serta sebagai upaya untuk mengukur sejauh mana pelaksanaan program kerja dan anggaran pada setiap satuan.
Pengawasan dan pemeriksaan itu sendiri juga akan berjalan efektif dan bermanfaat, bila diikuti dengan tindak lanjut berupa penyelesaian terhadap setiap temuan hasil pemeriksaan yang telah dilakukan oleh tim Itdam IV/Diponegoro. Dalam pelaksanaannya harus sesuai dengan program yang sudah ditetapkan apabila ada temuan dari Tim Wasrik, harus dijadikan referensi pembelajaran serta masukan pada kegiatan di masa mendatang, Jelasnya. (Pendim Tegal)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال