Recent

Indonesia Media Center (IMC)

Babinsa Jajaran Korem 071/Wk Dibekali Pengetahuan Dasar Intel

Purwokerto, IMC - Sebanyak 135 personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) di jajaran Korem 071/Wk ikuti pembekalan pengetahuan dasar intel, Selasa (9/5) di Gedung Pertemuan A. Yani Makorem 071/Wk Jl. Gatot Subroto No.1 Sokaraja Banyumas.
Pembekalan pengetahuan dasar intel yang diselenggarakan selama dua hari dari tanggal 9 s.d 10 Mei 2017 dibuka oleh Waasintel Kasdam IV/Dip Letkol Inf Priyanto mewakili Asintel Kasdam IV/Dip Kolonel Inf Jimmy Ramoz Manalu.
Dalam amanatnya, Asintel Kasdam IV/Dip yang disampaikan Waasintel Kasdam IV/Dip menyampaikan bahwa sebagai ujung tombak satuan, Babinsa juga sebagai mata dan telinga satuan dalam bentuk temu cepat dan lapor cepat.
"Dengan melihat perkembangan yang semakin kompleks, eksistensi Babinsa dituntut untuk lebih berperan dalam mendeteksi berbagai potensi ancaman yang mungkin timbul," ungkapnya.

Dikatakan pula bahwa, kegagalan Babinsa dalam melaksanakan tugas akan menjadi sebab utama kegagalan tugas komando dan ini berarti sebuah kehancuran.
"Apabila Babinsa dalam mencari informasi dan laporan informasi keliru, maka keamanan akan terganggu. Keterlambatan informasi yang disampaikan, akan membahayakan negara. Karenanya dengan pembekalan ini, diharapkan para Babinsa dapat dan mampu mengimplementasikan ilmu pengetahuan dasar intel yang diperoleh secara konkret, sehingga dapat memberikan informasi yang akurat, cepat dan tepat bagi satuannya guna membantu kelancaran tugas komando," kata Letkol Inf Priyanto mewakili Kolonel Inf Jimmy Ramoz Manalu.
Dengan demikian, lanjutnya. Setiap satuan Koramil akan mampu menyelesaikan tugas penyidikan, pengamanan, penggalangan dan administrasi intel serta menyelesaikan permasalahan internal maupun eksternal yang dihadapi dengan aman, cepat, tepat dan utamanya para Babinsa harus dapat menjadi mara telinga satuan dalam temu cepat dan lapor cepat, sehingga dengan hal ini seorang Babinsa harus dapat menguasai wilayah binaannya dan melaporkan hal menonjol berkaitan kondisi diwilayahnya pada kesempatan pertama.
Dengan hal itu, pimpinan dapat menentukan dan mengambil kebijakan yang diambil dengan cepat dan tepat. Disamping itu, Babinsa harus dapatnya mencari dan membina mitra karib diwilayahnya sehingga dengan hal ini Babinsa dapat mengetahui informasi sebanyak-banyaknya situasi dan kondisi yang menonjol diwilayahnya. Pembukaan pengetahuan dasar intel kepada para Babinsa jajaran Korem 071/Wk dihadiri para Kasirem 071/Wk, para Pasiintel Kodim jajaran Korem 071/Wk, Dantimintelrem 071/Wk dan para Babinsa peserta pembekalan.
Pembekalan pengetahuan dasar intel dengan materi bidang intel dasar dan bidang teritorial yang mencakup lima kemampuan ter dan diskusi tentang study kasus sesuai dengan perkembangan situasi dan kondisi diwilayah. (teguh)

Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: