Recent

Indonesia Media Center (IMC)

Kegiatan Netralitas TNI Dalam Pemilu/Pilkada di Kodim 0712/Tegal

Tegal, IMC - Untuk mengingatkan dan memberikan pemahaman kepada prajurit dan PNS, Kodim 0712/Tegal melaksanakan, "Sosialisasi Netralitas TNI' yang di buka oleh Kasdim 0712/Tegal Mayor Inf Sugihartono yang diikuti  kurang lebih 120 anggota terdiri dari anggota TNI Kodim 0712/Tegal, anggota Satdisjan Wilayah Kodim 0712/Tegal, Perwakilan FKPPI Kota dan Kabupaten Tegal, perwakilan dari pengurus PPM Kota Tegal, anggota PEPABRI Kota dan Kabupaten Tegal, Ketua dan pengurus Persit KCK Cabang XXII Kodim 0712/Tegal dan anggota Warakawuri, kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Kodim 0712/Tegal, Jumat (24/3).
Kegiatan sosialisasi netralitas TNI ini mengusung tema, "Melalui pembinaan netralitas TNI dalam Pemilu/Pilkada kita wujudkan profesionalisme TNI dengan bersikap netral dalam setiap penyelengaraan Pemilu/Pilkada dan senantiasa mendukung suksesnya penyelenggaraan pemilu/pilkada yang luber dan jurdil diseluruh Wilayah NKRI”.

Dalam amanatnya Dandim Tegal Letkol Kav Kristiyanto S.Sos yang dibacakan Kasdim 0712/Tegal Mayor Inf Sugihartono mengatakan netralitas TNI adalah bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis sesuai amanah reformasi internal TNI, untuk anggota TNI aktif di instruksikan untuk bersikap netral dalam pelaksanaan Pemilu/Pilkada.
Oleh karena itu setiap prajurit TNI baik selaku perorangan maupun atas nama institusi tidak memberikan bantuan dalam bentuk apapun kepada peserta Pemilu dan Pemilu/Pilkada baik Parpol atau perseorangan untuk kepentingan kegiatan apapun dalam Pemilu maupun Pilkada, tidak melakukan tindakan atau pernyataan apapun yang bersifat mempengaruhi keputusan KPU atau KPUD, Panwaslu atau Panwasda.


Dandim menegaskan setiap prajurit baik perorangan maupun institu si wajib untuk selalu mewaspadai setiap perkembangan situasi di lingkungannya serta melaksanakan temu cepat dan lapor cepat secara hierarki, apabila ada kejadian atau kegiatan yang berindikasi mengarah kepada menghambat, mengganggu atau menggagalkan Pemilu/Pilkada. Sehubungan hal itulah Komandan atau Atasan berkewajiban untuk memberikan pemahaman tentang netralitas TNI sebagai pedoman anggota atau bawahannya untuk berbuat dan bertindak di lapangan”Tegasnya. 
Pasiter Kodim 0712/Tegal Kapten Arh Asep Koswara menyampaikan begitu pentingnya sikap netralitas dalam mewujudkan profesionalisme TNI, maka masalah netralitas harus benar-benar dipahami, dihayati dan diimplementasikan dalam kehidupan Prajurit dan PNS khususnya jajaran Kodim 0712/Tegal.
Kegiatan Netralitas TNI di isi oleh Kasdim 0712/Tegal Mayor Inf Sugihartono dengan memberikan materi Peran dan Tugas TNI dan  Pabung Dim 0712/Tegal  Mayor Inf A.Aziz memberikan materi Netralitas TNI.(Pendim Tegal/teguh)
Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: