Recent

Indonesia Media Center (IMC)

DPC Patelki Lembata Gelar Pemeriksaan Malaria Gratis

Lembata, IMC- Persatuan Ahli Teknologi Laboratorim Medik Indonesia (PATELKI) cabang Lembata, Nusa Tenggara Timur, hari sabtu ( 22/17) menggelar pemeriksaan malaria di desa kolontobo kecamatan Ile Ape.
Kegiatan yang digelar di kantor desa Kolontobo dengan sasaran masyarakat desa Kolontobo. kegiatan yang dimulai pukul 08.00 wita dan dibuka oleh sekertaris desa Kolontobo Petrus Olaman.
"Saya mewakili kepala desa yang tidak sempat hadir pada kesempatan ini karena satu dan lain hal, dan juga semua warga desa Kolontobo menyampaikan limpah terima kasih karena desa kami sudah dipilih menjadi desa sasaran untuk kegiatan ini, terus terang kami sangat mengharapkan kegiatan seperti ini karena sangat membantu kami dalam pelayanan kesehatan terhadap masyarakat di desa kami," ungkap Olaman yang ditemui di sela kegiatan.
Sementara itu, ketua Patelki DPC Lembata menjelaskan bahwasanya dari 60 anggota Patelki yang ada hadir sebanyak 18 anggota dalam kegiatan tersebut.
“Untuk diketahui kegiatan hari ini, diikuti 18 anggota Patelki dari DPC Lembata dari total anggota 60 orang. Anggota patelki yang hadir ini adalah perwakilan dari semua puskesmas, Rumah Sakit dan tenaga klinik swasta yang ada di Lembata. sebenarnya hari ini kami kegiatan di dua tempat, di desa Kolontobo dan desa pada kecamatan Nubatukan, namun di desa Pada belum ada konfirmasi balik sehingga kami hanya pusatkan kegiatannya di sini," jelas Irmina Tanof ketua Patelki DPC Lembata dalam sambutannya membuka kegiatan.
Warga terlihat antusias mengikuti kegiatan ini, terlihat dari jumlah spesimen yang hampir mendekati 100 orang.
Namun, Sekdes mengakui bahwa ini jumlah yang sedikit, belum semua warga ikut ambil bagian bukan soal kesadaran terhadap kesehatan tetapi penyampaian yang terlambat.
"Kami baru koling ke masyarakat tadi malam dan bisa jadi kurangnya partisipasi ini karena, kemarin kami baru saja menjadi tuan rumah perayaan Paskah di paroki waipukang sehigga banyak warga yang terpaksa lebih memilih untuk melihat ternak dan tanaman di kebun," jelas sekdes.
Kegiatan ini hasil kerjasama antara Patelki dan Dinas Kesehatan Kabupaten Lembata  digelar dalam rangka menyongsong hari Malaria yang jatuh pada tanggal 25 April.
"Semoga kedepannya kegiatan sperti ini bisa lebih ditingkatkan di desa kami, dan kami selalu siap untuk kedatangan adik_adik sekalian," harap sekdes diakhir kegiatan. (Paul/Eman)
Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: