Recent

Indonesia Media Center (IMC)

Danramil 19/Bumijawa Hadiri Restocking Penaburan 10.000 Ekor Bibit Ikan Nila


Tegal, IMC - Komandan Koramil19/ Bumijawa Kapten Kav. Mukholim, menghadiri undangan Restocking penaburan 10.000 ekor bibit ikan Nila perairan umum bertempat di lokasi wisata Sindang Kemadu Desa Muncanglarang Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal, Selasa (18/4).
Kondisi perairan Umum di kabupaten Tegal perlu mendapatkan perhatian. Hal ini terkait dengan ketersediaan populasi sumber daya ikan tidak sebanding dengan kegiatan penangkapan yang dilakukan setiap hari oleh masyarakat.
Akibatnya sumber daya ikan di Waduk Cacaban pada khususnya dan perairan umum daratan lainnya tidak mempunyai kesempatan untuk berkembang biak. Keadaan ini diperparah lagi dengan kurangnya kesadaran masyarakat untuk melepas ikan hasil tangkapannya yang masih kecil serta kegiatan penangkapan dengan menggunakan alat tangkap jaring dengan ukuran mata jaring yang tidak sesuai ketentuan. 

Mengingat kondisi tersebut pada tahun 2017 ini, melalui APBD Kabupaten Tegal Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan kembali melaksanakan kegiatan Restocking ikan perairan umum dengan penebaran benih ikan nila sebanyak 230.000 ekor tersebar di Kabupaten Tegal. 
Tujuan kegiatan restocking ikan perairan umum ini adalah dalam rangka menjaga keseimbangan ekosistem dan ketersediaan stok ikan di perairan umum keberlanjutan mata pencaharian Masyarakat Nelayan dan mendukung sektor pariwisata khususnya di Waduk Cacaban.
Dana yang digunakan untuk pelaksanaan kegiatan restocking ikan perairan umum, kali ini bersumber dari dana alokasi umum  (DAU) dan APBD Kabupaten Tegal Tahun Anggaran 2017 sebagai mana tertuang dalam dokumen pelaksanaan anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPA SKPD) nomor 3 .01.01.24.02.5.2 tanggal 10 Januari 2017. 

Penyelenggaraan kegiatan restocking ikan di perairan umum secara seremonial pada tahun-tahun sebelumnya dilaksanakan di obyek wisata Waduk Cacaban. Sedangkan untuk kegiatan tahun 2017 kegiatan restocking ini dilaksanakan di salah satu Embung di desa Muncanglarang Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal. 
Acara diakhiri dengan penaburan bibit ikan nila sebanyak 10.000 ekor di Embung Sindang Kemadu Desa Muncanglarang Kec. Bumijawa Kab. Tegal. 
Hadir dalam acara tersebut : Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tegal Bapak Toto subandriyo, Forkopimcam Kecamatan Bumijawa,  Kepala Desa Muncanglarang beserta perangkatnya, dan para undangan kurang lebih 50 orang dari masyarakat. (Teguh)

Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: