Navigation

Cegah Kanker Serviks, Ratusan Ibu Persit KCK dan Dharma Pertiwi Ikuti Pemeriksaan 'IVA'

Deteksi Kanker Serviks dengan IVA dan Pap Smear

Purwokerto, IMC - Ratusan ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Dip dan Dharma Pertiwi Koorcab Purwokerto Daerah D ikuti pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetad (IVA) di Rumkit TK-III 04.06.01 Wijayakusuma Purwokerto, Selasa (25/4).
Disamping ibu-ibu yang tergabung dalam Persit Kartika Chandra Kirana dan Dharma Pertiwi, pemeriksaan IVA juga diikuti oleh peserta dari Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) Koorcab Purwokerto.
Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Dip yang juga selaku Ketua Dharma Pertiwi Koorcab Purwokerto Daerah D, Ny. Evi Julianti Suhardi menyampaikan pemeriksaan IVA ini diikuti 188 peserta yang tergabung dalam Korps Wanita Angkatan Darat, Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 dan Dharma Pertiwi Koorcab Purwokerto Daerah D.
Menurutnya, pemeriksaan IVA ini merupakan program yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia khususnya bagi wanita Indonesia, program yang dilaksanakan ini merupakan program terpusat dari Ibu Negara Iriana Joko Widodo.
Diharapkan dengan kegiatan yang dilaksanakan ini, pemeriksaan IVA, agar para anggota dapat mendeteksi dini kanker servik dan semoga dengan dilakukan pemeriksaan ini, anggota sehat semua.
"Pemeriksaan IVA ini sebagai bentuk kepedulian tentang kesehatan reproduksi wanita, khususnya para anggota Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 dan Dharma Pertiwi Koorcab Purwokerto Daerah D serta anggota Kowad Purwokerto. Tujuan pemeriksaan IVA ini untuk mendeteksi dini dan menekan serta menurunkan jumlah penderita kanker serviks," ungkapnya.
"Para wanita tidak hanya tergerak secara mandiri dan sukarela melakukan deteksi dini, namun juga menjadikan deteksi dini menjadi kebutuhan sehingga dapat mengambil langkah tepat untuk menindaklanjuti hasil pemeriksaan," lanjutnya.
Dikatakan pula bahwa deteksi dini ini dapat terus dilakukan berkesinambungan sehingga mereka dapat mengetahui diri masing-masing, sehingga dapat menurunkan penderita kanker serviks serta dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama para anggota.
Sementara itu, Konsulen Rumkit Tk-III 04.06.01 Wijayakusuma Purwokerto Letkol Ckm dr. Puji Triharsono, Sp.OG menyampaikan IVA adalah pemeriksaan serviks dengan melihat langsung serviks setelah memulas serviks dengan larutan asam asetat 3-5%. Bila setelah pulasan asam asetat 3-5% ada perubahan warna yakni tampak bercak putih maka kemungkinan ada kelainan tahap pra kanker.
Sedangkan pap smear adalah suatu metode sel-sel yang diambil dari serviks (mulut rahim) dan kemudian pemeriksaannya menggunakan mikroskop. Perubahan sel-sel serviks yang terdeteksi secara dini akan memungkinkan beberapa tindakan pengobatan sebelum sel-sel tersebut dapat berkembang menjadi sel-sel kanker. (Teguh)
Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: