Recent

Indonesia Media Center (IMC)

BPD dan Kepala Desa Se-Nagawutung Studi Lapangan ; Sikeudes di Cisarua Bogor


Lembata, IMC- Kepala Desa dan BPD se-Kecamatan Nagawutung, Kabupaten Lembata terhitung sejak Jumat-Minggu (24/4/2017) mengikuti pelatihan sistem keuangan desa atau SIKEUDES di desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Bogor.
Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 35 peserta. Keanggotaan peserta terdiri dari delapan belas kepala desa dan tujuh belas ketua BPD dari Kecamatan Nagawutung, Kabupaten Lembata. Minus ketua BPD Baubolak yang berhalangan dalam kegiatan ini.
Katharina Siena Palang, Kepala Desa Tewao Wutung, (satu-satunya kepala desa perempuan di kab Lembata), pada Minggu (23/4) kepada IMC melalui telepon seluler menjelaskan kegiatan ‘bimtek sikeudes’ yang dijalankan ini merupakan follow up dari kegiatan sosialisasi tentang sikeudes yang pernah dilaksanakan oleh para dosen dari Fakultas Ekonomi Unwira Kupang beberapa waktu yang lalu saat pelaksanaan KKN dari para mahasiswa.
“Oleh karena itu atas inisiatif para kades dan BPD se-Kecamatan Nagawutung dilaksanakanlah kegiatan yang saat ini berlangsung, “ tegasnya.

Isodorus Pasing, Kepala Desa Pasir Putih, kecamatan Nagawutung menambahkan, pesan dan kesan dalam kegiatan Bimtek dan Studi Lapangan ; Sistem informasi keuangan desa berbasis aplikasi siskeudes dan peningkatan kapasitas BPD, berdasarkan UU No 6 tahun 2014 beserta peraturan turunannya adalah sangat baik karena Desa di percaya untuk mengelola dana yg begitu fantastis (menurut kita orang desa di NTT) demi peningkatan kesejahteraan masyarakat dan bisa menggunakannya secara transparan dan efisien.
"Setelah kembali ke desa, kami berusaha untuk membuatnya sesuai degan tuntutan undang-undang,” ungkapnya. (Bataona)


Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: