Recent

Indonesia Media Center (IMC)

Ratusan Siswa Siswi Smk 75-1 Purwokerto Serbu Makorem 071/Wk


Purwokerto, IMC - Ratusan siswa-siswi SMK 75-1 Purwokerto menyerbu Makorem 071/Wk, Rabu (29/3). Serbuan para siswa-siswi tersebut bukan pertama kalinya dan bukan hal biasa yang terjadi, mereka melakukan hal tersebut telah berulang kali di tahun tahun sebelumnya baik SMK 75-1 maupun SMK 75-2.
Serbuan para siswa-siswi ini dalam rangka mereka mengikuti pendidikan bela negara dan kepramukaan bagi siswa-siswi SMK 75-1 Purwokerto. Mereka para siswa-siswi akan didik untuk membentuk pribadi-pribadi nasionalis dan patriotis, cinta tanah air, bangsa dan negaranya serta disiplin.
Mereka akan dididik selama tiga hari mulai Rabu (29/3) hingga Jumat (31/3). Sebanyak 311 siswa-siswi tersebut akan menjalani pengetahuan bela negara dan wawasan kebangsaan serta kepramukaan.
Disamping itu juga mereka akan melaksanakan berbagai pengetahuan materi dasar kedisiplinan, keterampilan, tata krama dan pengetahuan pramuka serta materi pembinaan mental berupa nilai-nilai kejuangan, keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan materi out bond berupa rayapan tali satu, jembatan tali dua dan jaring pendarat.
Hal tersebut senada dengan yang disampaikan Danrem 071/Wk Kolonel Inf Suhardi melalui amanatnya yang disampaikan Kasiterrem 071/Wk Letkol Inf Agus Musriyanto dalam pembukaan pelatihan bela negara bagi siswa-siswi SMK 75-1 Purwokerto, menyampaikan pelatihan bela negara seperti ini jangan diartikan sebagai bentuk militerisasi di kalangan sekolah, namun mempunyai makna untuk memberikan pemahaman, mengajak dan membangun kesadaran bagaimana kewajiban bela negara yang diamanatkan dalam Pasal 30 UUD 1945.
"Dalam kaitan ini, bela negara tidak hanya dipandang sebagai wujud partisipasi mengangkat senjata dalam perang konvensional, tetapi bela negara yang diwujudkan secara nyata dalam bentuk sikap dan perbuatan sehari-hari seperti menjunjung tinggi nama baik dan budaya bangsanya, memiliki semangat kepeloporan, meneladani sikap para pahlawan, gotong royong, kebersamaan dan keterlibatan secara nyata dalam menciptakan situasi rasa aman dan nyaman ditengah kehidupan berbangsa dan bermasyarakat," terangnya.
Disamping itu, lanjutnya. Bela negara diwujudkan dalam bentuk kecintaan terhadap produk dalam negeri, pemeliharaan lingkungan hidup yang baik, partisipasi dalam kegiatan swadaya pembangunan, menciptakan keamanan lingkungan, memupuk toleransi beragama, kepatuhan dan norma hukum yang berlaku, menghargai dan menghormati orang lain dan sebagainya.
"Kegiatan ini mengambil tema santun dalam perilaku prima dalam prestasi, dengan maksud bahwa kegiatan ini untuk membentuk kepribadian siswa-siswi dalam mengembangkan pembinaan kesiswaan dan menumbuhkan jiwa patriotisme dan nasionalisme," ungkapnya.
Dengan tujuan, untuk meningkatkan rasa solidaritas sesama siswa, menumbuhkan kepekaan sosial di masyarakat serta melatih mental kepribadian dalam proses belajar mengajar sehingga disamping menimba ilmu pengetahuan dibentuk pula karakter kepribadiannya agar menjadi generasi muda yang tangguh yang mencintai tanah airnya. Serta sasarannya, terwujudnya generasi muda Indonesia yang memiliki kepribadian dan berjiwa Pancasila, mandiri, peduli terhadap lingkungan, bertanggungjawab, berpegang teguh nilai-nilai dan norma masyarakat, memiliki pengetahuan dan kesadaran bela negara yang baik serta berjiwa patriotisme, berwawasan luas dan dapat dipercaya.
Pembukaan pelatihan bela negara bagi siswa-siswi SMK 75-1 Purwokerto dihadiri para Kasirem 071/Wk, para Dan/Ka Balak Aju Kodam IV/Dip jajaran Korem 071/Wk, Kepala SMK 75-1 beserta para guru pembina dan para siswa-siawi peserta latihan bela negara.
Pada kesempatan yang sama, Danrem 071/Wk menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan kegiatan tersebut.
"Saya bangga dan salut terhadap para pengajar/guru serta para siswa-siswa yang akan melaksanakan kegiatan ini, hal ini menunjukkan bahwa para guru dan siswa-siswinya masih sangat  konsisten dan peduli terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara. Terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan ini," pungkasnya.(teguh)



Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: