Recent

Indonesia Media Center (IMC)

PRIMKOP Kartika A-01 Wijayakusuma Gelar “RAT” Ke-49 Tutup Buku Tahun 2016

BANYUMAS –  Primer Koperasi (PRIMKOP) Kartika A-01 Wijayakusuma menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke -49 sekaligus Tutup Buku Tahun 2016, pada Rabu (22/2/17) bertempat di gedung pertemuan A. Yani Makorem 071/Wk ,Jl.Gatot Subroto No.1 Sokaraja, Banyumas.
Menurut Komandan Resort Militer (Danrem) 071/Wk Kolonel Inf. Suhardi, Rapat Anggota Tahunan (RAT) merupakan forum tertinggi di dalam koperasi, karena dalam forum tersebut pengurus akan melaporkan hasil kerja selama setahun, seluruh anggota diberikan hak menilai sekaligus memberikan saran dan pendapat untuk memperbaikinya demi kemajuan koperasi. Demikian keterangan Danrem 071/Wk melalui Kasrem 071/Wk Letkol Inf Ariful Mutaqin pada acara RAT Primkop Kartika A-01 Ke-49, Rabu (22/2) lalu.
Selain itu, Danrem menambahkan bahwa, RAT juga dapat digunakan untuk menyempurnakan koperasi, memilih pengurus, menyusun rencana anggaran dan pendapatan satu tahun kedepan serta memilih pengurus baru jika ada. Disamping itu, untuk memberikan tanggapan saran dan pendapat sehingga keputusan yang diambil dalam usaha kegiatan koperasi satu tahun kedepan mampu membawa kemajuan dan perkembangan dari yang sudah baik menjadi lebih baik lagi.
"Koperasi dikatakan sehat jika mempunyai tiga kriteria, yakni baik dalam pelayanannya, akuntabel manajemennya dan maju usahanya, dalam rangka mendukung ketiga kriteria tersebut maka dalam pengelolaannya perlu didukung secara bersama-sama baik pengurus, seluruh anggota dan para pembinanya,” ujarnya.
Baiknya “pelayanan”, tidak hanya ditujukan khusus pada pengurus, namun juga bagi para para anggota, terutama dalam partisipasinya memenuhi kewajiban berbelanja di koperasi. Kaitannya dengan “akuntabel manajemen” dimana agar setiap usaha yang dijalankan dapat dipertanggungjawabkan sesuai undang-undang koperasi atau peraturan yang berlaku serta dilaksanakan sesuai petunjuk teknis akuntansi yang benar kemudian didukung dengan tertib administrasi yang lengkap, transparan dan falid. Terhadap “hasil usaha”, senantiasa mengalami peningkatan dari waktu kewaktu sehingga hasil usaha yang dikelola memberikan nilai kesejahteraan bagi pengurus maupun anggotanya.


Sementara itu, Dekopinda Banyumas RM.Legowo menyampaikan, berbicara masalah koperasi, Primkop Kartika A-01 Wijayakusuma adalah koperasi yang dapat dibanggakan dari gerakan koperasi di Indonesia. Dimana Primkop Kartika A-01 Wijayakusuma merupakan koperasi yang sudah cukup bagus baik dalam pengawasannya, pengurus, anggota dan manajemennya. Koperasi ini dapat melayani anggotanya dan mengenai simpan pinjam juga dapat terlaksana dengan baik, namun demikian untuk masih banyak modal atau uang di koperasi belum dimanfaatkan anggotanya. Selain itu, koperasi ini mampu menciptakan modal sendiri yang berasal dari simpanan anggotanya sendiri diantaranya simpanan wajib, THR dan lainnya.

"Dalam berkoperasi, kita dapat ambil filosofi dari Patih Wiraatmaja yakni koperasi adalah dari, oleh dan untuk anggota serta landasannya yakni sukarela dan tidak dipaksa, kekeluargaan, gotong royong, dan saling tolong menolong", terangnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Koperasi (KADISNAKERKOP) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Banyumas, Teguh Budi menyampaikan apresiasinya atas kinerja Primkop Kartika A-01 Wijayakusuma yang telah menyelenggarakan RAT tepat waktu.
“Tidak semua koperasi dapat melaksanakan RAT tepat waktu, kemungkinan koperasi tersebut tidak punya modal dan tidak dapat menyusun laporan keuangan koperasi. Di Kabupaten Banyumas sendiri ada sekitar 537 koperasi, namun 40% nya yang dapat melaksanakan RAT dan sekitar 200 koperasi yang melaksanakan RAT.  Primkop Kartika A-01 Wijayakusuma ini sehat dari segi usaha, organisasi dan sehat mental yang dilihat dari SHU cukup besar," terangnya.
“Oleh karena itu, kepada seluruh anggota agar mempertahankan dan meningkatkan koperasi ini, karena koperasi ini memberikan manfaat yang besar bagi seluruh anggotanya. Partisipasi anggota sangat menentukan berhasil tidaknya koperasi ini,” lanjutnya.
Pada kesempatan yang sama, Kepuskopad Dam IV/Dip yang diwakili Mayor Inf Edwin menyampaikan bahwa forum tertinggi dalam koperasi adalah rapat anggota, dimana dalam forum ini para anggota dapat menilai sejauhmana kinerja pengurus dalam melaksanakan rencana kerja dan anggaran tutup tahun 2016 serta untuk mengetahui keberhasilan yang dicapai melalui usaha dan kegiatan yang dilaksanakan pengurus dan merencanakan kerja tahun 2017. Disamping itu juga sebagai sarana memecahkan berbagai masalah dilingkungan Primkop Kartika A-01 Wijayakusuma.
RAT Ke-49 Primkop Kartika A-01 Wijayakusuma Korem 071/Wk tutup buku Tahun 2016 dihadiri anggota koperasi para prajurit dan PNS Makorem 071/Wk, penasehat, pengawas, dan pengurus Primkop Kartika A-01 Wijayakusuma serta perwakilan Persit KCK Koorcab Rem 071 PD IV/Dip. (TGH)
 Penulis : Teguh Adi Sasono
Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: